Selamat Datang di Blog Kami

Blog ini khusus memuat catatan dan kumpulan status Abdullah Isma'ili di facebook

Blog ini merupakan bentuk terima kasih kami (admin) pada abah kami Abdullah Isma'ili

Silakan bertanya pada kami di facebook
1. Safiyah Alifa
2. Syarifah Safinah Alaydrus
3. Yudas Iskandar
4. Evida Zaitun Alkaff
5. Surya Hamidi

lovely family

lovely family
edited by Zakki Assegaf

Senin, 21 Februari 2011

CATATAN KULIAH UNDARK : PERDANA - 4

KULIAH PERDANA--AYAT & HADITS SBG TEOREMA / HUKUM: Kita tau TEOREMA PHYTAGORAS utk segitiga. Aljabar dikembangkan dan membuktikannya. Jg HUKUM ARCHIMEDES. Newton kembangkan mekanika utk membuktikannya. Ada ayat / hadits... Bgmna mmbuktikannya? Shalawat!
Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

HUKUM BENDA JATUH BEBAS

1. Pegang dua buah benda, katakanlah kelereng dan batu besar, pd ketinggian yg sama dr lantai, taruhlah 1 m. Lalu lepaskan serentak. Mana yg jatuh lebih dahulu: kelereng atau batu?...

ARISTOTELES: Benda yg lbh berat (batu) jatuhnya lbh cepat drpd benda yg lbh ringan (kelereng).

Beliau seorg filosof, Sabara Putra Borneo jg filosof yg sdkt banyak tau ttg beliau. Maka kita bs brtanya kpd saudara kita ini dan kita dptkan jawaban drnya. Boleh jd Akhina Sabara akan brkata bhw ini perkara filsafat alam atau yg skrg ini tlh brubah jd fisika.

Perhatikan bhw, dulu, filosof dpt bcra "apa saja" dan "benar". Skrg jg blh bcra apa sj tp blm tentu benar.

Sambil lalu, apakah Rasul saw dan Aimmah as blh ga brbicara ttg "hukum benda jatuh"? Dr hadits2 yg dikemukakan oleh Bib Shaleh, dpt kita yakini bhw al-Ma'shumin saw mrpkn sumber terpercaya dr hukum2 alam, trmsk tntunya "hukum benda jatuh bebas". Inilah yg scr mudah kita katakan bhw AYAT / HADITS adl HUKUM2 ALAM. Dg dmkn, ulama sbg pewaris al-Ma'shumin saw, dan asatidz sbg pewaris ulama, jg hrs fasih brbcra hukum2 alam.



2. Zaman sgr brubah... Tiada nabi dlm fisika / matematika tlh singkirkan sgla nabi / rasul. Kita katakan sbg "dekonstruksi sakralitas". Mungkin krn awalnya dipandanglah org2 semacam Aristotels ini sbg nabi, tp kemudian beliau dipandang keliru dlm "hukum benda jatuh bebas", maka fisika alami trauma trhdp "segala nubuwah". Trmsk nubuwah Muhammad saw.

Gejala ini sederhana saja. Krn sunni salah melulu--dan diketahui satu2nya sbg Islam--maka jadilah Islam salah melulu... Krn asatidz (sunni) goblog kabeh, maka irena hadono dan antonio syafi'i diangkatlah jd ustadzah dan ustadz...

3. Fisika kehilangan kepercayaan kpd "yg ghaib". Sgla hukum haruslah dr alam, sesuai alam... Galiei lalu melakukan prcobaan dan membuktikan bhw benda2 yg dijatuhkan dr ketinggian yg sama akan jatuh dlm waktu yg sama. Kelereng (kecil) dan batu (besar) akan tempuh waktu yg sama lamanya skranya dijatuhkan dr ketinggian yg sama.

Inilah "hukum benda jatuh bebas" yg pertama kali ditemukan langsung dr alam.

Anda boleh melakukan prcobaan beberapa kali dan menemukan rumus:

y = ½ x g x t^2,

dmna y adl ketinggian benda dr tanah / lantai, dan t adl waktu yg dbutuhkan utk jatuh dr ketinggian itu ke tanah. Klo anda lakukan, anda peroleh bhw konstanta g = 10 m/det^2. Contoh mudahnya, klo anda lepaskan sbuah batu dr ketinggian y = 20 m, maka waktu yg dbutuhkan utk jatuh ke tanah adl t = 2 detik.

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af


Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

KEPPLER DAN NEWTON

1. Yg disebut HUKUM BENDA JATUH BEBAS adl dlm bentuk rumus:... See More

y = ½ x g x t^2.

Scr kebetulan--konon--galilei menemukannya dg melakukan percobaan. Akan tetapi tdk mungkin ujug2 ia melakukan prcobaan. Tentu sj ia merenung--atau bc dr Kitab Suci--lalu dpt "ilham"...

Menurut keyakinan pribadi saya, skrnya saya hidup disisi seorg Imam as, insya Allah saya dpt temukan rumus tsb tanpa melalui pengalaman aristoteles dan galilei. Artinya, hukum itu--sekiranya ia benaar--maka merupakan HAQQnya utk diketahui.

Masalahnya kmdian dr mana ia berasa? Harus ada somehow agr alam dtp difahami mngapa dpt trjd demikian. Nah, newton memikirkan ini sejak mahasiswa sampe usianya lbh tua dr saya.

2. Scr kebetulan keppler (hampir sezaman dg newton) jg meresume hasil pengematannya. Ada tiga HUKUM KEPPLER yg trkenal:

a. Hukum Lintasan--planet2 bredar dlm lintasan pd bidang datar.
b. Hukum Luas--planet2 bresar dlm lintasan elips.
c. Hukum Periode.

3. Dr ketiga hukum keppler ini, dibandingkan dg hukum benda jatuh bebas, maka newton merumuskan HUKUM2 MEKANIKA dan HUKUM GRAVITASI UNIBERSAL. Hukum2 mekanikanya digunakan dlm sipil, mesin, dan rekayasa teknik pd umumnya. Org2 teknik ini mnggunakan hukum2 tsb scra sakral tanpa prduli hukum gravitasi universal. Sebaliknya fisikawan teoritik dan astronom perduli dg hukum gravitasi universalnya. Apabila hukum gravitasi universalnya keliru, maka keliru pula hukum2 mekanikannya.

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

AYAT-HADITS JADI "DONGENG ZAMAN BAHEULA"

1. Org2 sdh trlanjur percaya kpd hukum2 mekanika newton, pdhl ia msh brgantung pd hukum universal newton. Malah skrg, klo anda mngoreksi hukum2 mekanika itu, maka anda akan proleh jawaban, "Ya... ia memang keliru. Kebenarannya ada pd fisika kuantum dan teori relativitas einstein."... See More

Pdhl para ahli fisika teoritik sndri ga brkata begitu. Tp org2 awam ngotot aja begitu...

Pada umumnya para ahli brkata, "Tunggulah hingga trbentuk TEORI MEDAN TERPADU (Unified Field Theory)." Sementara teori ini masihlah angan2 belaka--sbgian ahli sdh sampe ke "sains ironi" sbg "End of Science".

2. Dlm keadaan "penuh angan2" itu, ktka anda angkat ayat-hadits yg trkait dg hukum2 alam, anda dpti bhw ayat-hadits tdk brhasil meyakinkan manusia, trmasuk kaum Muslimin sndr. Dulu ayat-hadits dipandang sbg "asaatiirul awwaliin" (dongeng org3 trdahulu) oleh kaum kafir, kini ayat-hadits dipandang sama bhkn oleh kaum Muslimin sndr.

Parahnya... bhkn asatidz pun pd umumnya menandang kita "gila" klo bcra hal2 yg demikian. Sangat mungkin asatidz kita pun menandang ayat-hadits sbg "asaatiirul awwaliin". Saya mulai melihat bbrp tulisan seorg ustadz yg mengarah kpd "Ismaili gila, ada cacat dlm otaknya".

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

TEOREM CINTA ATAU TEOREMA KHUMS--AWAL FISIKA CINTA

1. Saya tlh katakan bhw, skranya saya hadir di sisi seorg Imam as, insya Allah saya dpt lakukan yg (lbh baik dr) dilakukan newton cs. Wallahi... antm jg...... See More

KALAU ADA CINTA...

2. Klo anda cinta sesuai ayat MAWADDAH 42:23, maka anda akan pikirkan KHUMS dlm ayat 8:41. Di pihak lain, sbg seorg pemikir, maka anda akan brtanya apa dan bgmn shg muncul angka 700 dlm ayat 2:265. Klo cinta anda menggelora, mnaka mdh2 Allah aw memberikan ilham dg mengaitkan ayat 8:41 dan ayat 2:265.

Sudah brulang kali kita bahas, dan insya Allah akan kita bahas lg, bhw kedua2 ayat tsb menurunkan TEOREMA KHUMS atau TEOREMA CINTA:

½ x NAFQAH = 1 TAHUN HIJRIYAH x KHUMS.

Kita jg telah mengenalnya sbg HUKUM EKONOMI WILAYAH.

3. Rumus di atas, yaitu TEOREMA KHUMS atau TEOREMA CINTA, sungguh2 memenuhi HUKUM2 KEPPLER. Klo anda hadir pd zamannya, anda pasti akan gunakan kuantitas2 atau besaran2 Qur'ani NAFQAH dan KHUMS, dan tdk mnggunakan besaran2 hayali MOMENTUM SUDUT dan ENERGI.

Dan yg penting adl bhw bentuk rumus di atas SIMETRI dg rumus2 alam lainnya.

4. Mandegnya fisika teoritik trletak pd apa yg dsbt sbg BROKEN SYMMETRY. Ada yg mengganjal, ada yg ga memuaskan. Nah, saya prlu mberitahukan kpd anda bhw ganjalan itu tiada klo fisika--dlm hal ini FISIKA CINTA--dimulai dr TEOREM CINTA kita ini.

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

AYAT-HADITS SBG HUKUM DAN TEOREMA

1. Sbg HUKUM tlh dimudahkan oleh fiqh dr fuqaha yg begitu brjasa kpd kita. Baiknya sbg hukum adl sbg pegangan kita utk kita tunaikan meski kita blm faham betul. Spt TEOREMA PHYTAGORAS, org2 dpt gunakan dlm hitungan segitiga meski tdk smw memahami "mengapa".... See More

2. Sbg TEOREMA inilah yg prlu kita fahami. Teorema adl istilah dlm matematika, yaitu sesuatu yg DAPAT DIBUKTIKAN. Istilah umumnya adl TEORI. Membuktikan sebuah ayat / hadits sbg sebuah teorema bukanlah krn kita ragu. Pembuktian brguna utk memberikan pemahaman kpd kita. Mdh2n sj pembuktian2 tsb dpt membawa kita menuju ta'wil dan tafsir yg lbh luas dr ayat / hadits tsb.

3. Sejumlah hadits dr Aimmah as menunjukkan bhw kesulitan para nabi adl mrk memahami dan meyakini nubuwah, akan tetapi kaum mrk tdk memahami bahkan mengingkari. Ini spt kita syiah yg memahami sesuatu tp sunni tdk memahami. Nah, brpikir teorematik adl brpikir utk memepefahamkan kaum yg tdk mengerti ini. Ini adl perbuatan mulia. Klo kita brsungguh2 melakukannya, mdh2n Allah aw memberikan pemahaman2 yg lbh baik kpd kita. Di antara pemahaman2 itu, mdh2n dpt pula memperpahamkan kaum yg kita hadapi.

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af
Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

TEOREMA2 PSIKOSIMETRI

1. Bbrpa hadits yg dikutip oleh Bib Shaleh dibwh ini:... See More

a. Putra2 keturunan Rasulullah saw adl pintu2 ilmu ilahi utk menuju ridhaNya, mrk adl penyeru yg mengajak ke surga. (Imam Baqir as)

b. Saat Imam al-Mahdi af muncul, hanya ada persahabatan, persaudaraan, dan kerja sama yg mengemuka. (Imam Baqiq as).

c. Kedekatan lbh butuhkan cinta drpd tuntutan cinta trhdp kedekatan. (Imam Ali as)

2. Scr eksplisit saya sptnya blm prnh mmbaca hadits2 diatas. Akan tetapi saya tlh meyakininya dan menunaikannya. Hadits no. a implikasinya adl KEBANGKITAN BANI HASYIM DAN KAUM HASYIMI (org2 yg mencintai Bani Hasyim). Hadits no. b implikasinya adl KELURGA CINTA kita. Hadits no. c adl ungkapan "Jangan brhenti mencintaiku! Smg cinta Zahra sejukkan hatimu..."

3. Scra pribadi pola belajar saya tdk akrab dg menghafal scr tekstual ayat / hadits. Pola belajar saya spt pola belajar matematika / fisika. Hafalan tdk penting. Yg penting adl... katakanlah substansinya... Saya tdk prnh menghafal rumus, bhkn menghafal teorema... tp stiap saat saya dpt menurunkan rumus / teorema tsb.

Dlm kasus demikian, ktka ayat / hadits dijadikan teorema, maka timbul "pertanyaan berani": Apakah saya jg dpt menurunkan ayat / hadits?

Jawabannya pasti: Ga bisa!

Tp ada cara utk mendekati kpd ayat / hadits. Yaitu dg ungkapan2 psikosimetri. Krn stiap teorema harus / dpt dibuktikan, maka ungkapan2 tsb kita sebut TEOREMA2 PSIKOSIMETRI. Tinggal kita buktikan sj... Nah, latihan utk membuktikan ini dperlukan TAZKIYATUN NAFS dg cara yg kami tlh sbt sbg KTP (Konfrensi Terapi Psikosimetri).

4. Sebuah "percobaan" yg sdg saya lakukan adl memperluas pengertian HADITS MARFU'. Hadits marfu' adl hadits yg dikenal pd zamannya--dan diyakini--tp tdk memiliki jalur periwayatan.

Ketika anda menulis sbuah status, maka trpikirkah oleh anda benar-salahnya status tsb? Apakah anda menganggap remeh?

Seseorg menulis status, "Berapa jumlah (mantan) pacarku? Hitunglah!"

Goblog!

Klo kau boleh tls bgtu, maka mantan kekasih (maaf) saudarimu jg boleh. Dan ia akan dihitung--kau sih bangga! Tp aku... aku ga mau wanita2ku diperlakukan spt itu!

Jd... ada status yg dpt dikritik.

Lalu... adakah status yg tdk punya cela utk dikritik alias benar? Klo benar, bukankah itu ucapan suci? Klo ucapan suci, bukankan itu seumpama hadits? Klo seumpama hadits, maka jadilah ia hadits marfu' yg kau perawinya!

Smg engkau dpt pahala!

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

TA'WIL HADITS2 AIMMAH AS

1. Tiada ta'wil atas ayat al-Qur'an kcwli diturunkan oleh Allah aw brsama2 dg ayat itu sndri. Hadits2 Aimmah as pd umumnya mrpkn ta'wil atas ayat2 al-Qur'an dan hadits2 Rasulullah saw.... See More

Nah, kita br punya sdkt kebebasan (kesanggupan akal) dlm menta'wilkan hadits2 Aimmah as ini... ya Rabb...

2. Kita akan kembangkan ini kelak. Di sini prlu saya kemukakan bhw menahan lisan dr tiada mengucap--dlm hal ini memposting status--lain kcwli TEOREMA PSIKOSIMETRI, insya Allah akan mndekatkan kita kpd keadaan jiwa yg dpt memahami (menta'wilkan) hadits2 Aimmah as.

Senang sekali membaca maklumat Nanda Safiyah dlm status2nya utk menghentikan canda tawa...

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

BESOK TANYA JAWAB DAN DISKUSI

1. Atiqah Alqalb... pelajari dan smg kau faham... Jg yg lain2....

2. Besok insya Allah akan kita keluarkan status utk tanya jawab dan diskusi ttg KULIAH PERDANA INI.

Jangan anggap remeh bertanya...

Risalah "Kharisman" Aql brtanya "Apa itu shalawat?" Smw org brpikir ini prtanyaan sederhana... Duhai... stiap prtanyaan dg hati yg tunduk tawaddu' dg hanya mengharapkan ridha Allah tdk prnh sederhana dan tdk akan sia2...

Bukan si hina Ismaili yg menjawab... malah ia dpt ilmu dan hikmah... syukran Kharisman...

Ismaili malah heran... koq dia yg diucapkan "syukran". Ga ada yg ucap "syukran" kpr Kharisman...

Ya... krn swm blm sadar bhw "brtanya adl sebagian drpd ilmu"...

Goblog!

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

Al-Fathihah ma'a shalawat!

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af


KULIAH KEDUA: Sebuah status brtanya, "Apakah SEMUAnya sudah ada ddlm al-Qur'an dan al-Hadits?" Ini sama dg brtanya, "Apakah SEMUAnya sudah diturunkan?" Ada kesan bhw SEMUAnya tlh trtulis dlm MUSHHAF FATHIMAH--ia dlm bentuk sandi. Apakah dlm bentuk semisal RUMUS MATEMATIKA? So... kita akan melihat apa dan bagaimana sebu...ah rumus dpt brcerita... Al-Fathihah ma'a shalawat!


Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

ALAM MATERI BAGAI LUKISAN RUMUS

1. Tak dpt dipungkiri bhw alam materi ini, dlm istilah fisika, disusun dr partikel2 trkecil (partikel elementer). Ada riwayat dr Imam Ali as yg menyinggung hal ini. Partikel elementer yg penting peranannya adl ELEKTRON. Ia berasosiasi dg cahaya yp punya panjang gelombang terkecil, atau nur (periode waktu) trkecil dlm ukuran manusia. Elektron menjadi batas yang, apabila ada cahaya yg lbh kecil panjang gelombangnya drnya, maka cahaya tersebut, katakanlah, mengkristal jd materi.

Kita katakan bhw materi adl CAHAYA (NUR) YG MEMADAT!

2. Kita, meskipun tdk mengenal scr pasti, tp akrab dg sebutan NUR. Masih dpt dimengerti tatkala NUR kita artikan sbg cahaya. Tepatnya cahaya yg paling kecil panjang gelombangnya, atau yg paling tinggi energinya.

Masih blm trbiasa klo kita katakan bhw NUR adl WAKTU. Hal ini lantaran kita blm memahami betul apa itu waktu.

3. Pemahaman ini dpt dijembatani... Dlm cahaya, ruang (panjang gelombang) dan waktu itu fix. Tetap utk tiap2 cahaya sesuai ketetapannya. Dlm kehidupan kita, sbtulnya waktu kita jg tetap--ia di sisi Allah--akann tetapi pengalaman empiris kita memberikan aneka presepsi yg memperlupakan kita akan waktu.

4. Mdh2n antm masih ingat kajian2 sblumnya bhw alam ini memiliki suatu kesatuan, sesuatu yg SIMETRI. Apa itu? Yaitu rumus. Kita telah melihat TEOREMA CINTA atau TEOREMA KHUMS:

1/2 x NAFQAH = 1 TAHUN HIJRIYAH x KHUMS.

Dlm pengertian FISIKA CINTA, 1 Tahun Hijriyah merepresentasi NUR. Nafqah adl MOMENTUM SUDUT, sdgkan KHUM adl ENERGI TOTAL.

Kemana pun kita menghadap di alam ini, TEOREMA CINTA ini berlaku!
Alam bagai lukisan rumus TEOREMA CINTA!

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

SIMETRI ALAM, DIRI, DAN SEJARAH DLM RUMUSAN TEOREMA CINTA

1. Ada sesuatu yg membatasi ana brbicara meneruskan komen sblmnya. Anggaplah antm smw mengerti yg trakhir bhw elemen2 kehidupan di alam semesta ini memenuhi TEOREMA CINTA atau TEOREMA KHUMS itu. Sesuatu yg disebut hidup adl hidup dg teorema itu, dan itulah yg dsbt SISTEM DINAMIK (dynamic system). Pendekatan ini, setahu ana, blm dilakukan ddlm matematika dan fisika, dan krn itulah ana batasi dulu.

2. Perhatikan setiap alat elektronik, apakah hp atau komputer, smwnya hdp sbg sistem dinamik. Akan tetapi dinamikanya masih brgantung pd energi dr luar, yakni energi listrik. Selalu menggunakan energi listrik. Ada ketergantungan eksternal.

Elektron, bumi, planet, dll jg sama sbg sistem dinamik. Smw seharusnya mempunyai ketergantungan eksternal, hanya saja rumusan matematika yg ada trhdpnya tdk memuatnya--dan itulah kesalahan fisika yg mbuat fisika menjadi kafir slama ini. Akan tetapi, dg memperkenalkan nur spt pd komen sebelumnya, maka mnjadi jelas bg kita adanya ketergantungan eksternal itu.

3. Kehidupan diri pribadi kita jg bgtu. Smw membutuhkan atau mengalami ketergantungan eksternal. Kita dpt brpikir, shalat, dll dan semua itu dpt trjd klo kita makan.

Sejarah kehidupan manusia sbg suatu kaum atau masyarakat jg membutuhkan energi eksternal.

Semua itu, dlm ungkapan yg kita sudah mulai akrab, memenuhi suatu SIMETRI. Selalu sj ada kuatitas2 yg dpt dituliskan dlm TEOREMA CINTA td. Dg demikian, rumus yg mrpkn representasi dr TEOREMA CINTA tlh banyak brcerita kpd kita.

Sebuah rumus tlh dpt menceriterakan bgtu banyak ttg WILAYAH!

Maka jangan lg memandang remeh rumusan matematika!

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af
Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

BAGAIMANA MEMPEROLEH RUMUS?

1. Yg mudah dipikirkan adl melalui prcobaan di alam. Antm butuh sdkt sj pemahaman matematika, lalu lakukan percobaan ini-itu, dan dapatlah Antm suatu rumus. Misalnya rumus ttg kebiasaan belanja trtangga antm, pd awal bulan banyak belanja, tengah bulan sedang2 sj, dan akhr bulan tiada belanja. Boleh jd ia brbentuk sebuah garis linier yg menurun.... See More

Pd percobaan benda jatuh bebas, bukan rumus linier tp parabola.

2. Scr kebetulan bentuk2 linier, parabola, elips, hiperbola, smwnya sudah trsedia dlm matematika. Kebetulan, memang. Tp mengherankan jg. Rumus dlm matematika dturunkan dr pikiran matematika, dunia atau alam yg dibanguanadl alam matematika... tp koq cocok dg alam pengalaman manusia.

Mungkin antm brpikir bhw ide matematika adl dr alam. Tp tdk smudah itu. Slama belajar matematika, bgtu antm menghayalkan alam lain slain alam matematika, antm akan sangat sulit fahami matematika. Ia punya alam sndri...

Apa maksudnya?

Inilah SIMETRI!
Akan tetapi simetrinya bukan pd suatu kaitan langsung melainkan pd sesuatu yg ingin kita sbt sbg "ide penciptaan". Tuhan yg menciptakan alam dan jg menciptakan kita tlh memudahkan kita memahami alam dg ide yg ada pd pikiran (matematika) kita.

Dimudahkan!
Betul dimudahkan--tp tdk semudah yg kita remehkan slma ini.

3. Pengertian diremehkan itu bgni. Bacalah al-Qur'an sesuai kepentingan duniamua. Maka antm dpt mengambil ayat2 trtentu utk membenarkan langkah2 yg akan antm tempuh. Spt wahabi yg main comot ayat sesuka mrk utk mengkafirkan org2 lain. Spt ceramah2 pd zaman orde baru yg asal kutip ayat ytk kepentingan kekuasaan. Inilah yg dsbt sbg "menjual surat dg harga yg murah".

Setipa ayat itu punya ta'wil yg hanya dg ta'wil itulah penempatan ayat jd benar. Tanpa ta'wil, sama sj dg menganggap remeh al-Qur'an. Nafsu belaka.

Ta'wil itu sulit!

4. Spt itulah rumus matematika yg dipenuhi oleh alam, baik alam jagat raya maupun alam diri dan alam sejarah. Rumus2 linier, parabola, elips (lingkarab), dll yg tlh kita kinal sbtlnya tdk SIMETRI dg alam. Klo kita paksakan, maka jadilah SIMETRISASI spt skrg ini.

Waktu ana nulis skripsi, barulah ana temukan "pertarungan" ini. Slama ini kita hanya mengenal, katakanlah, persamaan diferensial linier, dan kita paksakan trhdp alam. Pdhal alam sbtlnya memenuhi persamaan diferensial non-linier. Di dlm fisika teoritik, kedua2nya trpisah dlm dua madzhab: madzhab "pemaksaan kehendak" (linier) dan madzhab "jujur pasrah trhadap alam" (non-linier).

Yg pertama (linier) menyelewengkan hukum2 tasyri'i. Yg kedua (non-linier) menyelaraskan hukum2 tasyri'i dg hukum2 takwini.

Demikian smg antm mengerti, bhw madzhab yg pertama memang yg memimpin kita slma ini, dan krn itulah kita jd sengsara...

Nah, perhatian kita dlm kajian ini adl yg kdua, yg non-linier itu...

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

MENGAPA RUMUS JD SULIT?
MENGAPA SYIAH JD SULIT?

1. Dijelaskan sblmnya bhw ada 2 madzhab, yg linier yg direkayasa, dan yg non-linier yg apa adanya. Yg linier katakanlah sbg LINIERISASI, tdk spt linier tp dipaksakan linier. Ini pd akhrnya melahirkan SIMETRISASI akut. Ia dpt hasilkan teknologi canggih, tp tdk dpt menyentuh nubuwah.

Yg non-linier lah yg tau pengkhiyanatan yg linier--spt (kebanyakan) syiah tau pengkhiyanatan sunni. Tp tak bs berkata dan brbuat banyak, krn rumus2 yg mrk hadapi smwnya non-linier, sulit minta ampun. Sama spt syiah yg ga bs banyak bacot ke sunni krn blm bs jd presiden, br punya satu negara syiah (Iran)... Naifnya, tinggalnya hanya dicondet, tp serasa menguasai negara condet--pdhala ga kenal yg namanya Ali Alkaff di condet, seorg sayyid yg memerangi syarifah2nya yg syiah...

Mengapa rumus2 yg benar harus mengambil bentuk non-linier yg sulit amat? Bisakah kebenaran itu disuguhkan dg lbh mudah?

2. Bisa! Insya Allah... dibutuhkan ketenangan. Spt kita skrg ini, kita sdg menunjukkan kebenaran dg cara2 yg lbh common sense... tp ada2 sj gangguan dr anak2 haram jaddah yg cari muka di condet, sadat anti-syiah... Dlm posisi spt ini, dtg gangguan dr gunawan cs, dr ayu... maka apakah ana harus golongkan mrk dlm kelompok haram jaddah ataukah kaki-tangan sadat anti-syiah?

Ana adl sarjana prtama indonesia dr madzhab non-linier. Tiada alasan utk depak ana dr fisika itb. Pd akhrnya jawaban dtg dr perwakilan yahudi, "Krn you aktivis Masjid Salman ITB." Pdhal org2 Salman malah tuduh ana kafir.

3. Kerumitan yg kita hadapi ini mrpakan watak dr percikan imamah. Seseorg jangan mau dianggap ahli dlm ekonomi tp tdk dpt mengurus keluarganya sndri hgga masuk surga. Seorg ahli fisika teori harus jg fasih brbicara syariah dan siyasah. Inilah jalan menuju bukan sj Teori (medan) Terpadu, melainkan THEORY OF EVERYTHING, ilmu ttg "segala sesuatu", sesuatu yg kita paketkan dlm GENERAL SYMMETRY, yaitu WILAYAH AHLUL BAYT RASULULLAH saw.

Maka--atas pertanyaan "bisakah rumus2 jd lebih mudah?"--jawabannya ada pd Ahlul Bayt. Itulah yg membuatku "tebal muka" utk paksakan smw KELUARGA CINTAku agr deal dg pemikiran matematika dan fisika.

Yakinkan dirimu bhw rumus2 mnjadi sulit, dan antm tdk suka matematika dan fisika, lantaran hilangnya Ahlul Bayt dr fundamental rumus2 tsb.

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

REALITAS HAYALI vs REALITAS HAKIKI

1. Dlm matematika dikenal bilangan asli, bilangan bulat, bilangan rasional, bilangan irrasional, bilangan riil (real). Bilangan kompleks mrpkn pengembangan dr bilangan riil, tp matakuliah analisis bilangan kompleks diajarkan lbh dulu, analilis bilangan riil belakangan. Aneh kan? Spt prinsip kita, "Awaluddin ma'rifatullah", tp sunni malah tempatkan ma'rifat di paling akhr.... See More

2. Fisika mulai maju pesat sejak newton memperkenalkan konsep mekanikanya. Utk menggolkan mekanikanya--curangnya ia--diperkenalkanlah olehnya konsep limit. Dg limit ini, maka brkembanglah bilangan riil itu.

Bukan riil dlm pengertian antm!
Tp riil sbg REALITAS HAYALI!

3. Benarkah TAK-HINGGA itu ada di alam ini? Klo tak-hingga itu ada--maka alam lah yg tanpa batas--alam ini sndri yg jd tuhan... Kenyataan bhw alam ini luas sharusnya mengimplikasikan manusia itu kecil. Maka pikirkan kekecilanmu! Bukan malah tak-hinggakan alam!

4. Benarkah lingkaran itu ada? Ini penyakit hayalan kita! Lingkaran itu tdk ada! Ia hanya ada dlm realitas halayi matematika.

Krn lingkaran dipaksakan ada, maka Wajah Tuhan dlm Angka Simetri 12 hilang dr dlm matematika dan fisika!

Slama ini kita gunakan bilangan dg basis 10... Dan sulit kan? Rumus2nya jd kacau balau kan?

Apa jdnya klo basisnya diganti basis 12?

Yakinkan dirimu bhw REALITAS HAYALI akan digusur oleh REALITAS HAKIKI!

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

MENGHIDUPKAN JIWA MATEMATIKA

1. Apa sih matematika itu? Ia adl sebuah jiwa dlm bhw jiwanya yg khas. Waktu kuliah kami tdk faham bahasa rusia dan perancis tp membaca rumus2 matematika dlm bhs2 tsb. Banyak org yg tau bhs2 itu, tp tdk faham bhs matematikanya. Baca buku2nya sampe kiamat pun ga faham2.... See More

2. Slama ini antm membaca rumus2 hayali, rumus2 yg meaningless... Klo antm baca rumus2 hakiki, barulah antm brpikir ttg SIMETRI...

Gempa bumi!
Bumi berguncang, ataukah scra serentak jiwa2 digoncang dan serentak pula sepakat menyebut "gempa bumi"?

Jangan buru2 jawab, goblog!
Mikir!

3. Betullah yg antm katakan... smw manusia sama... sadat dan ajam ga ada bedanya... Ok... Lalu yg sama itu apanya? Tdk kah trpikir oleh antm bhw yg sama itu dituliskan dlm suatu rumus simetri?

4. Adab belajar adl diam. Komunikasi dlm bahasa bisu. Antm mengerti apa yg ana sampekan... Apanya yg sampe kpd antm dlm kebisuan antm?

Kita sama2--sendiri2--membaca al-Qur'an dan al-Hadits dlm bimbingan wilayah. Dg susah payah, akhrnya sama2 kita ngerti sedikit... Apa yg kita ngerti?

Yg kita ngerti adl sesuatu yg merasuk kdlm jiwa matematika kita... Ada simbol2 yg, spt dlm matematika, kita enggan brta'wil buta krn takut trsesat...

5. Terakhir, ktk antm mmbaca ayat-ayat al-Qur'an dlm teks Arbanya, apa yg antm pikirkan? Krn selama ini yg ajarkan kita hanya yg ahli nahi-sharaf, maka pendekatannya fa'ala yaf'alu... aja. Klo yg ajarkan kpd kita itu seorg ahli simetri matematika, maka ia akan perlihatkan kpd kita bhw ayat2 dlm teksnya adl RUMUS2 MATEMATIKA!

Gunawan tentunya akan bantah!
Jelas--ente ga tau matematika koq!

Tp ahli yg brkompetensi tlh berkata: KALIGRAFI AYAT AL-QUR'AN ADL PUNCAK KREASI AKAL MANUSIA!

Maksudnya... ia jg adl suatu rumus simetri...

6. Dan begitulah MUSHHAF FATHIMAH ditulis...

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af


KULIAH KETIGA: Aneka JIWA dan AKAL menurut PSIKOSIMETRI dibandingkan dg riwayat2 Ahlul Bayt. Awali dg berdoa smg Allah aw mudahkan urusan2an ikhwan kita yg sdg berjuang dan dlm hajat... Al-Fathihah ma'a shalawat! Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh... qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

AKAL ALAM DLM IKATAN STUKTUR MATERI

1. Ini mungkin masih dlm analog (kiyas)--smg Allah aw menjagaku dr godaan iblis trkutuk... Tdk ada elektron bebas, kcwli dlm suatu struktur. Elektron bebas sbg arus listrik dlm sistem elektronik. Elektron bebas dlm struktur atom. Elektron bebas dlm "melingkari" proton (inti atom hidrogen). Apabila elektron "bebas di luar", maka ia akan musnah. Jd sistem mengikat elektron, menjaganya, agar tdk musnah...

2. Dikatakan elektron memiliki akal lantaran ia dpt MEMILIH, meski pilihannya hanya satu atau beberapa sesuai dg kemampuan yg ada pdnya. Ketika ia memilih dlm sbuah struktur, maka ia meletakkan akalnya di bawah kepemimpinan akal trsebut.

Tdk sulit memahami hal ini--ia spt ketundukan individu dlm strruktur kehidupan suatu kaum.

3. Ana mencoba memberikan nama utk kemampuan memilih ini sbg sebentuk akal, sebutlah AKAL 'ALAMI, akal yg dgnya unsur2 alam "mengalami alam". Akal alami ini brtingkat2, yg naik dr atom, molekul, hingga molekul kompleks... Hingga matahari dan bulan--bukankah mrk jg makhluk alam?

4. Antm bs kenal sesuatu dg memandangnya, dsbg... Tp dg elektron yg tak dpt dipandang, maka apanya yg antm kenal? Sifat dan perilakunya! Nah, yg menuntun dan menjaga sifat dan perilakunya adl akalnya itu. Maka yg antm kenal drnya adl akalnya jg...

5. Kita tahu dr manusia, bhw akal itu brkembang meningkat. Pelajari hewan2 smcm tikus dan kecowa, akalnya jg meningkat... Akal elektron memang td tampak meningkat, tp akal yg memimpinnya, yaitu akal alam semesta, meningkat terus. Fisikawan boleh sisksa elektron dg rekayasanya, tp alam "membalas" dg bencana alam...

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

AKAL ALAMI DAN BENCANA ALAM

1. Bayangkan akal alami ini berupa peraturan perundang2an dlm suatu negara. Kepala negara, perangkatnya, dan seluruh rakyatnya brada di bawah kepemimpinan akal tsb. Pd umumnya, apabila peraturan tsbt dipatuhi apa adanya, maka penyelenggaraan negara berjalan baik dan benar sesuai peraturan tsb.... See More

Dlm keadaan demikian, banyak keinginan pribadi ditundukkan oleh peraturan. Ambisi2 pribadi, kepentingan2 golongan, smwnya takluk. Ada yg positif, ada yg negatif. Yg positif, tp klo dilakukan dg cara2 negatif, melanggar aturan, maka akan membawa petaka. Satu2 keinginan positif yg tetap brnilai positif adl yg dilakukan dg cara2 meningkatkan akal itu sndri, dlm hal ini merubah peraturan prundangan2 itu. Apabila dilakukan dg cara makar, maka bencana akan trjadi sbg panishment dr peraturan itu sndri.

2. Akal alami mengatur alam dg peraturan perundang2an yg kita yakini sbg hukum2 alam atau tepatnya hukum2 takwini. Seluruh perilaku stiap anggota alam harus takluk dibawahnya. Seorg fisikawan menulis soal, "Sebuah benda dilepaskan dr ketinggian trtentu, maka brapa lama waktu yg dperlukan utk mencapai tanah?" Fisikawan ini ingin memberikan pemahaman ttg hukum benda jatuh. Tp ia lupa bhw batu sndri akan brtanya, "Mengapa anda melepaskan aku?" Bumi jg protes, "Benda itu menumbukku sakit tau!"

Tampak bhw fisikawan ini idiot, tau hukum benda jatuh, tp tdk tau hukum "menjatuhkan bnda" dan hukum "akibat benda menumbuk tanah".

Ketidak-tahuan inilah yg datangkan bncana!
Gempa bumi, banjir, tanag longsor... smw krn ketak-tahuan tp sok pinter spt ini!

3. Bencana alam bukanlah akibat hawa nafsu dr alam. Sbtlnya, hampir stiap tindakan sembrono kita, scr ta'jil (segera) mendatangkan bencana. Brjalan tanpa brtasbih di muka bumi sbtulnya dpt trjerumus ke perut bumi. Hanya sj Allah aw menahan smw bencana itu... Allah aw memberikan tenggang waktu agr kita brtobat. Krn tdk tau diri jg... maka bencana deh...

Bencana adl hukum alam jg. Akal alami lah yg mengaturnya--mudah antm fahami...

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

RUH ALAM = RUH BADAN?

1. Bib Alex mengutip hadits Imam Shadiq as dlm note JENIS2 JIWA DAN RUH MENURUT RIWAYAT AHLUL BAYT AS:

"Pd para nabi dan para wali tdpt 5 ruh: RUH BADAN (kehidupan), RUH QUDUS, RUH KEKUATAN, RUH SYAHWAT, dan RUH KEIMANAN. Pd org2 mu'min trdp 4 ruh, yakni ruh badan, ruh kekuatan, ruh syahwat, dan ruh keimanan. Pd org2 kafir trdpt 3 ruh, yakni ruh badan, ruh kekuatan, dan ruh syahwat. Ruh keimanan menyertai jasad slama jasad itu tdk melakukan dosa besar. Apabila ia melakukan dosa besar, maka ruh keimanan akan meninggalkan jasad. Org yg pdnya menetap ruh qudus maka ia tdk akan melakukan dosa besar slama2nya." (Biharul Anwar, jld 25, h. 23)

2. Imam as tdg menyebutkan istilah ruh alam, akan tetapi cukup alasan bg kita utk menta'wilkann RUH BADAN = RUH ALAM. Dijelaskan pula:

"... ruh badan yg dgnya... merangkak dan brjalan..." (Ushul Kahfi, jld. 1, h. 272).

Ruh badan ini utk brgerak sbgmna gerak materi di alam ini...

3. Dg asumsi bhw akal adl yg memimpin (gerakan), maka ruh alam adl ruh yg mengandung potensi brgerak.

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

RUH SYAHWAT ATAU NAFSU SYAHWAT

1. Kita akan membahas bbrpa prtanyaan trlebih dahulu...... See More

Mengapa ruh itu brjenis2?
Mengapa dipisahkan 3, 4 hingga 5 jenis ruh?

Tentu sj utk mudah dikenal, mudah pula diobati apabila ia sakit. Org yg sakit jiwa (gila) msh dpt smbuh lantaran badannya masih sehat. Org yg sakit badan dpt menyembuhkan sndri sakitnya dg jiwanya yg sehat.

Keragaman jenis jiwa ini nyata. Kita disulap utk trkaget2 ketika melihat org yg punya kepribadian ganda. Pdhal org yg sdg dirasuk syahwat iblis punya multi-kepribadian syaithani--dan kita biasa2 aja tuh...

Org yg sdg jatuh cinta asmara punya jiwa aneh2...

Dg mengenal jenis2 jiwa, maka kita tau ketika kita menunjuk seseorg, "Kau telah berubah..." Artinya, "Jenis jiwamu yg mana yg berubah." Dg bgtu, trkadang kita membencinya, tp terkadang pula kita sadari, "Kau butuh cintaku..."

2. Apakah jiwa = ruh? Bbrpa ulama memastikan ini. Mungkin prlu sj dibedakan bhw istilah ruh itu brsifat eksternal, sdgkan jiwa atau nafs adl internal.

3. Ruh syahwat ini positif. Trmasuk positif bhw manusia menyadari kehinaannya sbg makhluq dhadapan Khaliq. Allah aw memberikan (menonjolkan) syahwat pd hewan, tp mencukupkan dg kemampuan mengubar syahwat. Pd umumnya hewan memiliki waktu periodik (yg lama) utk brpesta syahwat.

Betina umumnya tdk syahwat... hanya sj scra takwini ia harus mengeluarkan beban dlm tubuhnya, dan ia menggoda pejantan utk membantunya mengeluarkan beban itu. Ular betina misalnya, klo bebannya sdh dpt dikeluarkan, ia keluarkan bau busuk shg pejantan jijik kpdnya.

Binatang paling buas, singa, memang hidupnya dg syahwat akut. Maklum, makan daging 80 kg / hari, tidur 18 jam, otak ga peke! Sisa waktu 6 jam dipakenya utk makan dan syahwat. Anak2nya pun dilibas!

4. Manusia syahwat lbh rendah drpd singa (25:44). Dan antm dpt periksa dr makanan mrk. Org2 barat dan kafir jd manusia syahwat krn menyantap makanan sarat adrenalin. Maka ikutilah fiqh dan adab shg tdk jd spt binatang!

5. Akan tetapi org2 yg rajin bcra ilmu agama, trnyata syahwatnya jg ok lho! Koq bisa? Ini menunjukkan bhw ruh syahwat itu ada. Hanya saja, pd org2 yg demikian, iblis menyelinap indah sekali.

Wallahi!
Di semesta fb ini ruh syahwat tampak kentara!
Dan rekayasa KELUARGA CINTA brhasil meredam syahwat!
Krn keluarga ini adl keluarga yg tau diri: KELUARGA AIB!
Keluarga yg, "Hai... jangan macam2! Antm itu makhluk syahwat!"

6. Ada satu "tariekat" di sunni yg prlu ana singgung. Yaitu takekat yg meminum (maaf) mani. Mrk ini tampak aliiiiiim banget. Tp syahwatnya na'udzubillah... Waspada!

7. Sapa yg merasa punya "penyakit syahwat", ana undang... mari ana terapi. Mo harim mo rijal, sini! Jangan biarkan dirimu brpenyakit yg menghambat ilmu dan ma'rifat.

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

TIGA ANASIR RUH SYAHWAT

1. Yg kedua dr sulbi mana antm brasal. Antm membawa syahwat ayahmu skranya beliau tdk menjaga sulbinya scr baik dan benar ketika mengandung antm. Atau ketika mendekati ibumu dan melepaskannya...... See More

Tiada yg mengenal kecuali antm...

2. Yg kdua dr rahim ibumu...

3. Yg ketiga adl dari dirimu sndri, ketika antm sdh dewasa dan dpt memilih makanan dan pola hidup. Komen sblmnya tlh menjelaskannya.

Bahayanya... gara2 antm rusakkan yg ketiga ini, maka org lain dpt sj memfitnah ayah ibu antm yg mulia!

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

JIWA MENURUT IMAM ALI AS

Bib Alex dlm catatannya ttg hadits Imam Ali as:... See More

Wahai Kumayl, jiwa itu ada 4, yakni NAMIYAH NABATIYYAH (pertumbuhan ketetumbuhanan), HISSIYAH HAYAWANIYYAH (penginderaan kebinatangan), NATHIQAH QUDSIYYAH (pembicaraan kekudusan), dan KULLIYYAH ILAHIYYAH (universalitas ketuhahan), masing2 memiliki 5 kekuatan dan kekhususn:

1. NAMIYAH NABATIYYAH: memiliki kekuatan nasikah (penahana), jadzibah (penarikan), hamidah (pencernaan), dafi'ah (pendorongan), dan murbiyyah (pengembangan). Memiliki 2 khususan sbgmna lazimnya kelebihan dan kekurangan. Kemunculannya dr hati sbgmna sgla sesuatu yg trpdt pd binatang.

2. HISSIYAH HAYAWANIYYAH: memiliki kekuatan pendengaran, penglihatan, penciuman, perasaan, dan perabaan. Memiliki kekhususnan keridhaan dan kemarahan (ghadhab). Kemunculannya dr hati menyerupai sgla sesuatu yg trdpt pd binatang buas.

3. NATHIQAH QUDSIYYAH: memiliki kekuatan berfikir (fikr), mengingat (dzikr), mengetahi ('ilm), brsabar (hilm), dan memahami (nabahah). Ia tdk memiliki kemunculan, ia menyerupai sgla sesuatu yg trdpt dlm jiwa malaikat. Ia memiliki dua kekhususan, yakni kenetralan (nazahah) dan kebijaksanaan (hikmah).

4. KULLIYYAH ILAHIYYAH: memiliki kekuatan kekal dlm fana, kenikmatan dlm kesengsaraan, kemuliaan dlm kehinaan, kefakiran dlm kekayaan, dan kesabaran dlm ujian. Ia jg memiliki dua kekhususan yakni kesabaran (hilm) dan kemudiaan hati (karamah). Ini yg brmula dr Allah dan kembali kpdNya sesuai firmanNya, "Dan Kami tiapkan kpdnya ruhKu (ruuhii)" (15:30), dan "Wahai jiwa (nafs) yg tenang, kembalilah kpd Tuhanmu dlm keadaan ridha dan diridhai" (89:27-28).

Sementara akal adl pertengahan dr sgla sesuatu agr kalian tdk mengatakan suatu kebaikan atau keburukan kcwli brdasarkan analogi yg rasional.

[Syaikh Fahr al-Din al-Thahiri, Majma' al-Bahrain, jld. 4, h. 116]

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

PENJELASAN

1. Prhatikan bhw Imam Ali as sndri menyamakan ruh dg nafs (jiwa) dlm dua ayat yg dikutip di atas. Skali lg ruh adl sesuatu yg dr luar, yg keluar-masuk, sdngkan nafs (jiwa) adl yg trdpt didlmnya (jasad). Yg aku kenal adl apa yg ada didlm, yaitu jiwaku (nafsi), aku tdk mengenal ruhku......

Penjelasan ini mdh2n membantu kita memahami hadits dr Imam Shadiq as yg salah satunya tlh kita kutip sblmnya.

2. Bib Alex mengutip hadits dr Imam Shadiq as:

"Wahai Mufadhal, Allah swt memberikan 5 ruh kpd Nabi saw, yakni Ruh Badan yg dgnya beliau merangkak dan berjalan, Ruh Kekuatan yg dgnya beliau bangkit dan berusaha, Ruh Syahwat yg dgnya beliau makan minum, dan mendekati istri, Ruh Keimanan yg dgnya beliau beriman dan berlaku adil, dan Ruh Kudus yg dgnya beliau memikul beban kenabian. Bila beliau saw wafat maka Ruh Kudus itu brpindah kpd Imam. Ruh Kudus itu tak pernah tidur, lengah, dan tak pernah zhalim, sementara keempat ruh lain itu kadang2 tidur, lengah, serta lalim dan jg lalai. Dg Ruh Kudus itulah beliau melihat." (Ushul Kahfi, jld. I, h. 272).

2. Imam Baqir as ttg ayat 42:52, "Dan demikianlah Kami wahyukan kpdmu wahyu dg perintah Kami. Sebelumnya kamu tdk mengetahui apakah al-Kitab dan tdk pula mengetahui apakah iman, namun Kami jadikannya cahaya (nuran), yg Kami tunjukkan dgnya siapa yg Kami kehendaki diantra hamba2 Kami..." Beliau as menjelaskan:

"Allah swt menurunkan ruh itu kpd nabiNya saw, beliau tdk naik ke langit, dan hal itu trjd pula pd kami." (Basya'ir al-Darajat, h. 457; Biharul Anwar, jld. 5, h. 61).

Dr penjelasan Imam as ini, ruh jg adl nur.

3. Kita dpt menyamakan istilah2 dr hadits Imam Ali as dan Imam Shadiq as:

NAMIYAH NABATIYYAH = Ruh Kekuatan.
Tetumbuhan merupakan sumber kekuatan (energi). Ia menyimpan energi dr alam, dr energi yg trsimpan dlm ikatan2 molekul / unsur.

Siapa yg mengkonsumsi tumbuhan akan memiliki kekuatan. Baik manusia maupun binatang mendapatkan kekuatan dr tumbuhan. Kekuatan tsbt sebagian digunakan, sbagian lag trsimpan.

Tampak bhw energi brasal dr "alam luar", dan tumbuhan hanya perantara saja. Antm dpt bikin sesuatu mirip jeruk dan mengkonsumsinya. Tentu sj jeruk bikinan antm kualitasnya rendah dibandingkan dg jeruk bikinan Tuhan.

HISSIYAH HAYAWANIYYAH = Ruh Syahwat.
Binatang2 pemakan tumbuhan (herbifora) punya perberdaan jenis brdasarkan makanannya masing2. Kambing banyak memakan daun hijau dr tumbuhan brakar lembut, maka ia lembam. Kancil memakan sedikit daun trtentu dr tumbuhan brakar keras. Kambing mudah dimangsa singa, singa jd buas. Kancil tdk mudah dimangsa singa. Skrnya singa memangsa kancil, singa bs memburu manusia di kota.

Skrnya singa dpt memangsa unta, singa bs jd raja atas manusia!
Manusia yg mengsa singa bs lbh buas dr singa, dan akan mengsa manusia sndri!

KULLIYYAH ILAHIYYAH = Ruh Keimanan.
Ruh Keimana dpt dijaga dg mengurangi mengkonsumsi tumbuhan dan hewan. Tegasnya, mengurangi makana bumi (dunia).

NATHIQAH QUDSIYYAH = Ruh Kudus.
Ruh Kudus diperoleh dg makanan langit (surga).

4. Imam Ali as tdk menyinggung sesuatu yg analog dg Ruh Badan (Imam Shadiq as). Ini tntu krn yg ditanya Kumayl adl jiwa atau nafs, dan itu jelas bukan badan. Akan tetapi, dg penguraian berbagai jenis ruh dan jiwa, maka tdk mengkhawatirkan skranya pun kita katakan ada sesuatu semisal "jiwa badan".

@Kamal: Jawaban prtama kpd antm bhw elektron, matahari... jg punya jiwa...

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

AKAL DAN JIWA

1. Imam Ali as brkata, "... Sementara akal adl pertengahan dr sgla sesuatu agr kalian tdk mengatakan suatu kebaikan atau keburukan kcwli brdasarkan analogi yg rasional." (Syaikh Fahr al-Din al-Thahiri, Majma' al-Bahrain, jld. 4, h. 116).... See More

Imam Baqir as brkata:

"Sesungguhnya tugas akal adl mendorong kemarahan dg penundukkan subu'iyyah oleh syahwiyyah, merusak pagar syahwat dg penundukkannya, dan menolak tipuan serta makar setan dg menyingkap penyamarannya (dg) pandangan batin yg trbuka dan nurani cemerlang. Jika akal menang maka semua trkendali dan tunduk dibawah kuasa serta petunjuk akal, semua yg ditundukkan akan brjalan dijalur pertengahan hingga muncullah Keadilan dlm kerjaan badan. Sebaliknya jika akal kalah maka akal menjadi budak, jiwa diselimuti eksistensi kebinatangan dg nurani iblis hingga disembahlah syahwat, daging tubuhnya, kenikmatan kezhaliman mewarnai ruhnya, apapun kemasan zhahirnya hingga kebinasaan yg abadi serta kekalnya kesengsaraan menimpanya, kcwli RahmatNya yg azali serta pertolongan Ilahi dtg kpdnya."

FirmanNya saw, "Tiada mrk itu kcwli binatang ternak, bahkan lebih sesat lg." (25:44)

Imam Ali as brkata, "Banyak org berakal yg trtawan dbwh hawa nafsu yg brkuasa." (Nahjul Balaghah, Hikmah, 211)

2. Akal dpt dikatakan sbg pemimpin atau yg memimpin sesuatu yg hidup demi meneruskan kehidupannya. Anak yg belum baligh adl anak yg blm brakal yg memimpin dirinya sbg manusia. Kalam ditarik drnya (sbg manusia). Mumayyiz, anak kecil, blm brakal sbg manusia, tp brakal (lain) yg krn itu, kita tdk boleh menunjukkan aurat kpd mrk. Ia memiliki akal dr Ruh Syahwat hewani.

Dilarang brsetubuh dibawah pohon yg brbuah. Mengapa? Wallahu a'lam... Tp ana brkeyakinan bhw buah2 itu dpt "merekam" prbuatan itu dan org yg memakannya dpt membangkitkan syahwat...

Tumbuhan mempunyai akal... Sbagian ahli brkata bahwa kurma memiliki akal trtinggi. Hewan jg memiliki akal, dan unta adl yg trtinggi.

"Demi jiwa serta Dia yg menyempurnakannya, maka Allah mengilhamkan kpd jiwa itu (jalan) kefasihan dan ketakwaannya. Sungguh beruntunglah org2 yg menyucikan diri." (91:7-9)

JIWA yg diilhami itu adl SEGALA ANASIR JIWA. Akan tetapi jiwa itu pasif, ia hanya potensi, dan bagian yg memimpin jiwa adl AKAL menerima kefasihan yg menuntun jiwa kpd ketakwaan (penjagaan).

Yg ana maksud dg SEGALA ANASIR JIWA adl, bhw Aimmah as tlh membuka akal kita utk mengenai BEBERAPA JIWA yg signifikan. Dg smw itu kita dpt mengenal BEBERAPA YG LAIN... Semacam ekstrapolasi bhw, Imam Ali as tg menyebutkan Ruh Badan, tp Imam Shadiq as menyebutkannya sbg ekstrapolasinya.

3. @Kemal: Aimmah as (mungkin) belum menyebutkan jiwa elektron, dan kita menyebutkannya sbg ekstrapolasi. Begitulah shg kita akan sampe kpd akal elektron (akal alami).

Ttg Ruh Syahwat spt pd komen sebelumnya, kita menguraikannya, atau menunjukkannya sbg interpolasi.

Ayyuhal mu'minu....
Inilah yg berat membebani ana sejak kemarin. Hmm... dlm keadaan spt ini, syukurlah bhw kedunguanku dpt kututupi dg alasan bhw perutku kekenyangan shg lamban brpikir :-)

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

KEADILAN ILAHI DALAM RUH KUDUS DAN RUH KEIMANAN

1. Perhatikan kmbali dua hadits ttg Ruh Kudus dbwh ini:... See More

"Allah swt menurunkan ruh itu kpd nabiNya saw, beliau tdk naik ke langit, dan hal itu trjd pula pd kami." (Basya'ir al-Darajat, h. 457; Biharul Anwar, jld. 5, h. 61).

"Wahai Mufadhal, Allah swt memberikan 5 ruh kpd Nabi saw, yakni Ruh Badan yg dgnya beliau merangkak dan berjalan, Ruh Kekuatan yg dgnya beliau bangkit dan berusaha, Ruh Syahwat yg dgnya beliau makan minum, dan mendekati istri, Ruh Keimanan yg dgnya beliau beriman dan berlaku adil, dan Ruh Kudus yg dgnya beliau memikul beban kenabian. Bila beliau saw wafat maka Ruh Kudus itu brpindah kpd Imam. Ruh Kudus itu tak pernah tidur, lengah, dan tak pernah zhalim, sementara keempat ruh lain itu kadang2 tidur, lengah, serta lalim dan jg lalai. Dg Ruh Kudus itulah beliau melihat." (Ushul Kahfi, jld. I, h. 272).

Ruh Kudus inilah yg menyebabkan shg Ahlul Bayt as dsbt al-Muhadditsin, org2 yg dpt brcakap2 dlm alam ghaib, dan membawa skaligus ILMU LADUNI kpd mrk, sdgkan mrk bukan nabi. Allah aw brfirman, "Lalu mrk (Musa as dan muridnya) brtemu dg seorg hamba diantara hamba2 Kami yg telah Kami berikan kpd mrk rahmat dr sisi Kami, yg tlh Kami ajarkan kpdnya ILMU LADUNI." (18:65) Yg dimaksud dg "hamba2 Kami" adl Ahlul Bayt, dan "seorg hamba diantara hamba2 Kami" adl Imam Ali as. Dlm riwayat lain Imam Shadiq as brkata, "Aku lah yg batalkan sihirmu di istana fir'aun."

2. Boleh jd ada yg brtanya, "Mengapa Ruh Kudus tdk dberikan kpd manusia2 lain slain al-Ma'shumin saw?" Ada kesan tidak adil...

Memang... tidak adil!

Tdk adil klo Allah aw memberikan kekuatan2 "berfikir (fikr), mengingat (dzikr), mengetahui ('ilm), brsabar (hilm), dan memahami (nabahah)"--yaitu Ruh Kudus--kpd org2 yg tdk punya kekuatan2 "fana, kenikmatan dlm kesengsaraan, kemuliaan dlm kehinaan, kefakiran dlm kekayaan, dan kesabaran dlm ujian", yg tdk punya kekhususan2 "kesabaran (hilm) dan kemuliaan hati (karamah)"--yaitu Ruh Keimanan.

Org2 yg diberikan Ruh Kudus hanyalah mrk yg imannya sdh mantap, tdk naik-turun lg. Imam Ali as brkata, "Kami tlh briman sblm dtgnya hujjah, datangnya hujjah tdk naikkan iman kami..."

Sulit sekali utk mencapai maqam ini. Hadits2 dr al-Ma'shumin saw menyebutkan btpa mrk mendapatkan cobaan yg trberat!

Itu yg makhluk lain tdk sanggup!

3. Makhluk2 atau manusia2 lain boleh sj mengupayakan keimanan yg mantap. Mrk dpt menyucikan diri shg mendekati kesempurnaan dan meraih kekuatan2 "kekal dlm fana, kenikmatan dlm kesengsaraan, kemuliaan dlm kehinaan, kefakiran dlm kekayaan, dan kesabaran dlm ujian" serta kekhususan2 "kesabaran (hilm) dan kemudiaan hati (karamah)". Dlm proses menujunya, mrk mendapatkan ILMU KHUDURI.

Imam Khumeini qs, dlm keyakinan ana, tlh memperoleh ILMU KHUDURI yg cukup, beliau qs layak mendapatkan gelar IMAM, beliau qs mendapatkan kedudukan yg mulia disi Allah aw...

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af
Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

AKAL DAN SYAHWAT DLM TERAPI PSIKOSIMETRI

1. Terapi PSIKOSIMETRI brguna utk menyelamatkan kita menuju kebahagiaan akhirat. Ia ibarat HISAB KUBUR semasa hidup. Menyelamatkan artinya MEMENANGKAN AKAL menurut pengertian yg dijelaskn oleh hadits2 sblmnya. Akal memimpin jiwa / nafs / diri, maka ia harus tau kemampuan dan kelemahannya, serta kemampuan dan kelemahan jiwa yg ia pimpinpin.... See More

Akal pertama adl akal 'alami brasal dr Ruh Badan. Tlh kita jelaskan bhw apabila elektron tdk dpt memimpin dirinya, maka ia akan musnah. Akal alami ini akan dijelaskan kemudian.

Memang, alam tdk memiliki syahwat. Akan tetapi potensi syahwat brasal dr alam jg. Alam "mengemas" syahwatnya scr baik. Zat2 radioktif dpt kita pandang sbg "kemasan" syahwat yg apik yg dpt brbahaya ditangan manusia syahwat.

2. Akal hayati brasal dr Ruh Kekuatan. Pikirkanlah bhw Ruh Kekuatan mengandung syahwat.

Akal hewani kita khususkan utk yg kita konsumsi dr hewan. Yg kita warisi dr ayah kita sbt akal sulbiwi, dan dr ibu adl akal rahimi. Antm dpt pikirkan kepemimpinan akal2 ini.

Ulama menyebutkan akal 'izati khusus utk manusia. Belajar metematika, sains, dan teknologi menggunakan akal ini. Perhatikan baik2 syahwat yg menyelinap di sini, ia adl penyamaran iblis.

Akal 'amali trkait dg Ruh Keimanan. Ia memimpin kita ke langit atas. Perhatikan baik2 syahwat apa yg brmain di sini.

Akal kuburi memangkas angan2 kita utk mengingat mati dg melakukan hisab kubur.

Akal ukhrawi memberikan harapn hidup bhw hdp didunia hanyalah sebentar, penuh ujian, dan kehidupan ukhrawi itu abadi...

3. Perhatikan ada 9 akal yg merepresentasi sifat2 maskulin (lelaki), dan mdh2n itulah sembilan akal yg menonjol pd lelaki. Jagalah kesembilan akal ini dg satu paket syahwat hewani (wanita). Klo kita brhasil menjaganya, maka mdh2n kita dpt karunia ILMU KHUDURI.

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af
Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

MU'JIZAT DAN PERTUMBUHAN AKAL

1. Sesuatu disebut mu'jizat jika dan hanya jika akal tdk sanggup memikirkannya. Ada dua respons (tanggapan) akal trhdp mu'jizat: menerima atau menolak. Yg menolak--spt umar mal'un--memfitnah sbg sihir (silap mata). Umar slalu brkata ttg mu'jizat2 Rasul dan Imam saw, "Itu sihir Bani Hasyim!" Ejekan "sihir Ibnu Abu Khubasah" adl drnya utk Rasul saw.... See More

2. Akal Imam Ali as cepet brkembang lantaran menyaksikan karunia mu'jizat disisi Rasul saw, beliau saw memandang Rasul saw sbg Akal Besar yg memahami mu'jizat, dan beliau as menjadi Akal Kecil yg blajar dr Akal Besar. Itulah yg Rasul saw brsabda, "Aku didikan Allah, Ali didikanku." Dlm hadits lain beliau saw brsabda, "Aku adl Akal Besar, Ali adl Akal Kecil."

Dlm ta'dib ilahiyah ini, ketundukkan paripurna dr Imam as kpd Rasul saw diikuti oleh Imam Hasan as kpd Imam Ali as, strusnya hngga Imam Mahdi af kpd Imam Askari as.

Ketundukan akal trhdp akal yg lebih tinggi adl AKIBAT dr mu'jizat. Mu'jizat adl "undangan" bg ketundukan akal. Itulah shg Rasul saw senantiasa brsuka ria dan jg tunduk kpd apa yg trjd (mu'jizat) pd Imam dan Zahra as. Ketundukan itu jangan dilihat lain selain watak akal yg selalu tunduk kpd mu'jizat. Diriwayatkan bhw Imam Shadiq as memuji Imam Musa as dlm suatu peristiwa yg, sbtulnya, bg sekaliber beliau as, seharusnya "biasa2 sj"...

3. Ttg akal2 tumbuhan dan hewan yg tunduk kpd mu'jizat, bukan hal yg aneh. Antm dpt renungkan brbagai riwayat yg ada. Dipihak lain, prtumbuhan akal2 tsbt adl realitas yg krn itu mrk dpt melanjutkan kehidupan mrk dimuka bumi ini.

4. Masalahnya kini adl pertumbuhan akal 'alami yg dipertanyakan oleh Ananda Muhammad Kamal...

Abah tdk perlu menjelaskan... Abah cukup mengajakmu utk mengenal alam ini, mengenal elektron... Kenalilah Hajar Sakhrah... Dan saksikan sndri betapa akal2 mrk jg berkembang...

Beberapa "bencana" adl keterkejutan alam akan mu'jizat. Alam tlh tunduk, akalnya tlh meningkat... hanya kita manusia yg masih bebal dlm menyikapi mu'jizat itu. Bg org2 brakal, "mu'jizat trjd stiap saat..."

Riwayat2 menunjukkan bhw, saat Imam af muncul, trjadi perubahan beberpa hukum alam (fisika). Itu sbtlnya menunjukkan akal alami itu sndri yg berubah.

Akal alami sbtlnya sdg brubah dan trus brubah menyambut Imam af. Kita (syiah) aja yg masih brada pd maqam akal zaman baheula, bukan Zaman Imam Zaman af ini. Oleh krn itu, belajar kpd (akal) alam, dlm hal ini belajar Fisika Cinta, sbtlnya adl mengikuti semangat alam menyambut Imam af...

Al-Fathihah ma'a shalawat!

'Ala kulli hal, apabila antm jg tunduk paripurna dlm tafakur antm ttg Imam Zaman af, mdh2n akal antm pun ditingkatkan oleh Allah swt. Mdh2n antm masih ingat sbuah hadits ttg penyampaian wahyu oleh Jibril as yg tlh kita ta'wilkan...

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af


KULIAH KEEMPAT-- ttg TA'DIB & TA'LIM: Sungguh mengharukan tatkala kali ini yg dibahas adl dr status org yg, krn gelarnya yg diberikan oleh istriku sndri, Baabul Wilayah, ia prnh dihina dan dibenci... Ia posting hadits dr Imam Hadi as, "Sesungguhnya seorg guru dan muridnya laksana dua sejoli dlm menggapai kebenaran." Aka...n kita bahas. Al-Fathihah ma'a shalawat!


Irsan Fadlullah
Salam, salam, salam wa rahmah,
Salam Abah, Salam ya Sayyidi, Salam yaa Habibi

Allahumma shalli ala Muhammad wa aali Muhammad wa ajjil faraja aali Muhammad

Abah, saya mau tanya, apakah sebagai Istri Nabi Muhammad saaw merupakan 'tiket masuk' ke Sorga, dan apakah mereka semua mempunyai sebutan Ummul Mukminin?

Diriwayatkan dari Umar bin Khattab, “Istri-istri Nabi karena kecemburuan mereka, saling membantu untuk melawan Nabi, sehingga aku berkata kepada mereka, ‘Boleh jadi, jika dia menceraikan kalian, Allah akan memberinya istri-istri pengganti yang lebih baik dari kalian!’ Maka demikianlah ayat ini (QS. 66:5) diturunkan.” (Shahih Bukhari, hadis 6.438, jilid 6 hadis ke 438)

Syukron Abah


Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad...

Salam kmbali Aa... wa rahmatullahi wa barakatu...

Aisyah si dengki putri dungu dan hafshah si si dungu putri si dengki itu yg dimaksud dlm ayat 66:5. Dua2 ini masuk neraka. Itu dr lisan Rasul saw di hari Kamis trakhir.... See More

Kedua2 tlh digantikan didunia, yaitu dg Maria al-Qibtiyah dan Zainab binti Jahsy (janda Zaid bin Haritsah). Dan di surga tetap spt itu, krn keduanya muda dan jelita. Di surga kan harus tetap mudah dan cantik. Jd yg tua2 pasti berubah wujud.

Aisah masih dipanggil "ummah" oleh Imam Ali as, jg Imam Hasan as. Tp adiknya, Muhammad bin Abu Bakar, tdk memanggilnya ummah, menghardiknya malah. Ponakannya, Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar, memanggilnya bibi. Panggilan ummah hanya utk mencegah yg lbh parah. Bayangin aja, dipanggil ummul mu'minin aja sampe membunuh ratusan ribu jiwa anak2nya sndri, apatah lg ga dipanggil spt itu.

Semua hak Rasul saw jatuh ke tangan Imam as, termasuk hak talaq. Masalahnya adl apakah Imam as sudah jatuhkan talaq atau belum. Tapi ini tdk penting. Scr zhahir kita tetap berpegang bhw Imam as mengikuti Rasul saw utk tetap tdk menjatuhkan talaq. Oleh karena itu, di Yaumil Mahsyar--atau pun saat Imam Zaman af muncul--kita dpt menuntutnya membuktikan keperawanannya (66:5).

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh


Ja'far Thayyar

Allahumma shalli ala Ahmad wa aali Ahmad wa ajjil faraja Muhammad...

Afwan ya sayyidi ya habibi..

Inilah hadist yang tuan minta.....

"Sesungguhnya seorang guru dan murid adalah lakasana dua sejoli dalam menggapai kebenaran"

"Bersenda gurau dalam pembicaraan itu adalah lelucon (permainan) orang yang dungu yang hanya di lakukan oleh orang-orang yang bodoh"
[Imam Ali Hadi an-Naqi as]
Ja'far Thayyar
Amirul Mukminin as berkata: Barangsiapa menempatkan diri sebagai pemimpin rakyat, ia harus mulai mendidik dirinya sendiri sebelum mendidik orang lain; dan pelajarannya haruslah melalui perilakunya sendiri sebelum mengajar dengan lidah. Orang yang mendidik dan melatih dirinya sendiri lebih berhak mendapat penghormatan ketimbang orang yang mendidik dan melatih orang lain.
Abdullah Al-Musawi
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

'ADAB DAN 'ILMU

1. Sering kita dengar ungkapan, "Ilmu dpt dtg dr lisan org jahil sekalipun." Ucapan seorg jahil (bohoh), jg seorg zhalim, dpt mengandung ilmu. Umar brkata kpd abu bakar, "Sekali khalifah di tangan mrk (Bani Hasyim), ia tdk akan lepas selama2nya..." Bg syiah, benar, ucapannya adl ilmu--Bani Hasyim adl manusia super. Tp bg sunni, bukan ilmu--Bani Hasyim adl simbol kebencian mrk.... See More

Yg membedakan syiah dr sunni adl 'adab yg luhur. Krn itu, syiah dpt ilmu bhkn dr si dengki umar sekali pun.

2. Adab mrpkn sajadah bg ilmu. Bahkan stiap adab, maka ilmu berhak atasnya. Tugas pelajar dlm belajar sbtulnya adl menata adab. Dg adab yg luhur, ilmu akan turun dg sndrinya.

3. Adab sangat penting, tp sangat berat. Adab dipisahkan dr syariah / fiqh, atau ditempatkan sbg sunat dg fiqh. Org2 tua sering memberi nasehat, "Wajibmu utk hapus dosamu, sunatmu itulah pahalamu." Hukum2 sunat yg dimaksud disini adl yg trmasuk adab.

4. Adab trkait dg penciptaan Ruang Malakut. Scr fisik, sbg contoh, dilarang meniup / menghempaskan debu dibekas sujud, krn diyakini ada malaikat di situ. Kumis dan trutama janggut haruslah dirawat scr baik, krn ada malaikat di situ.

Janggut menyimbolkan turunnya ilmu apabila adab dijaga. Org brjanggut tdk boleh banyak brcanda. Hadits Imam Hadi as yg dikutip Ja'far Thayyar kenanya disini. Akan tetapi, scr psikosimetri, "Panjangkan janggutmu agr menahanmu dr bercanda dungu."

5. Jagalah adabmu, maka Allah aw akan menjaga ilmumu. Adab adl misi yg diemban Rasulullah saw, ilmu adl konsekuensi drnya yg dimainkan oleh wilayah Ali as. Dg kata lain, adab trmasuk perkara tasyri'i, ilmu adl perkara takwini.

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af
DIRIKU ADALAH USTADZKU

1. Hadits dr Amirul Mu'minin as yg dikutip Ja'far Thayyar menunjukkan bhw ustadz yg tdk akan prnah brjarak dr seseorg adl DIRINYA sndri. Utk memahaminya, pengertian DIRIKU prlu diulang lg. Ayat yg memudahkannya adl "... cegahlah diri kalian (anfusakum) dan keluarga kalian dr api neraka"....

2. Allah aw memberitahukan kpd kita bhw yg akan masuk neraka adl DIRIKU. Ada diriku, ada aku, tp bukan aku yg masuk neraka melainkan diriku. Apa salahnya DIRIKU? Ga salah! Allah aw jg tlh mengihlamkan kpd DIRIKU jalan2 yg mencegahnya dr api neraka.

Maka cukup bg AKU utk jadikan DIRIKU sbg USTADZku.

Aku yg tdk jadikan DIRIKU sbg USTADZku tdk akan prnh mndptkan ustadz lain selain diriku. Percuma. Mencari ustadz lain adl hanya dan hanya nasehat dr sang diriku yg adl ustadzku.

3. Setiap AKU bebas mengAKU-AKU brguru kpd ustadz fulan dan ustadz fulan dan ustadz fulan... Bebas! Bahkan mengaku brwilayah kpd Syed Ali Khamene'i...

Tp apa artinya pengAKUan?
Wong ustadzmu yg adl diriku-mu pun kau tak gubris... Bgmna mungkis ustadz lain diluar sana?

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

TIADA SYARIKAT DLM USATIDZ

1. Pengertiannya spt WILAYAH, "Tiada syarikat dlm wilayah". Allah aw menyebutkan WALI (tunggal) dlm ayat "Sesungguhnya WALI kalian adl Allah, Rasul, dan org2 mu'min..." (5:55). Sekali brwilayah kpd Imam Shadiq as, maka pasti kpd Imam Ali as, pasti kpd Rasul saw, dan pasti kpd Allah aw.... See More

Sekali brwilayah kpd umar, mak pasti brwilayah kpd abu bakar, abu sufyan, dan abu huraira... Banyak--syarikat!

2. Ayatullah Syaikh Ahmad Jannati brkata (ICC Jakarta, 2004), "Di Teheran ada skitar 6-8 marja', dan kami aman2 saja. Di kalian sini (Indonesia) tdk ada marja', dan tdk jg brsatu..." Ada kesan syiah di Indonesia ini, "setiap kepala adl marja". Makanya ga prnh bs brsatu...

Kecuali KELUARGA CINTA kita!

3. Di Madrasah Karbala Sorong ana tradisikan dipanggil "abah" atau "abe", krn, pertama, ana ga punya ilmu, ga layak jd ustadz, dan, kedua, ada yg trsinggung klo ana dipanggil ustadz. Ada ikhwan sorong yg trsinggung, jg ikhwan makassar, jg ikhwan jakarta. Ada ikhwan yg brkata scr eksplisit, "Kami murid ustadz fulan." Ada yg brkata, "Si ini-ini-ini masih murid2 ana lho..."

Jd, gambaran syiah Indonesia adl setiap ustadz punya madzhab.

Hebat!

Apa artinya?

Stiap murid bhkan tdk brguru kpd DIRIKU-nya sndri...
Murid kehilangan DIRI!
Doktrin merajalela...

4. Sewaktu mengembangkan FISIKA CINTA, ana udah punya keyakinan bahwa lembaga marja'ah akan brsatu. Akan brlaku "tiada syarikat dlm marja". Datang Ustadz Shaleh Lapadi (magister ushulfiqh), beliau beritahukan ana bhw mayoritas marja' tlh membolehkan muqallidnya mengambil hukum dr marja' lain...

Wow keren...

Para marja' slama ini memang satu, hanya faktor komunikasi sosial yg membuat mrk mengeluarkan hukum2 yg brbeda. Ketika zaman tlh menyatukan umat, komunikasi tlh lancar, otomatis para marja' akan brsatu!

5. Yg belum sadar diri hanyalah asatidz syiah Indonesia... Goblog!

Sbgian asatidz--sadar atau tdk--merasa diri mrk sbg sumber ilmu. Keliru! Asatdz adl sumber adab! Ilmu punya mekanisme sndri. Dlm zaman jelang munculnya Imam Zaman af, bhkn "tangan Imam af diatas kepala stiap syiah". Ilmu turun langsung dr beliau as.

Tugas asatidz hanyalah menjaga adab.
Krn adab Islam hanya satu, maka TIADA SYARIKAT DLM ASATIDZ...

6. Ga usah dipungkiri bhw syiah Indonesia brfirqah2. Wajar! Krn asatidz jg brfirqah2. Asatidz haruslah brsatu. Dan prsatuan pertama dan utama adl menyatukan stiap ustadz dg DIRIKU-nya sndri yg adl ustadz-nya si ustadz itu sndri.

Apabila stiap ustadz tlh brsatu dg dirinya sndri, maka menyatukan asatidz adl perkara mudah...

Apabila asatidz tlh brsatu, maka syiah Indonesia jg brsatu!

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af
BELAJAR OTODIDK, BELAJAR DARI HUJJAH

1. Guru prtamaku adl abahku sndri, beliau ajari aku jangan brbohong dan jangan makan makanan haram. Tiada lain. Datukku jg ajarkan demikian. Dr warisan leluhur, kami diyakinkan bhw ilmu tlh dikandung dlm nutfah, nur, dan belajr adl membaca apa yg dikandungnya.... See More

Di negeri asalku, Kei, banyak ilmu Islam, tp abahku yg mana punya kami (leluhur), yg mana bukan punya kami. Dan hampir pasti prbedaannya trletak dlm "jangan berbohong, jangan makan makanan haram".

2. Afwan, sedikit menyimpang... mhn izin ana paparkan... Islam kami Islam turun-temurun, satu paket dg pesan, "Kami--sejak leluhur--tdk pernah kafir." Jd, klo antm tanya sapa aku, maka aku jawab, "Aku adl yg tdk prnh brasal dr sulbi yg kafir!"

Klo kau ingkari nasabku, maka prtanyaanku kpdmu, "Leluhurmu yg mana yg Islamkan leluhurku?"

Jawabannya hanya dua: leluhurmu yg kau haram jaddahnya, atau leluhurku yg aku haram jaddahnya!

Itulah bedanya nasabku: kau tuduh nasabku = kutuduh nasabmu!

Sungguh indah al-Fariqul Akbar!

3. Di sekolah umum aku tdk mengenal guru. Adl fakta bhw aku lbh jenius dr smw guruku... Adl fakta bhw yg kupikirkan tdk trpikir oleh guru2ku... Aku tdk pikirkan yg ditulis penulis buku, tp apa dibalik yg ditulisnya, apa yg mendorongnya menulis begini dan bukan begitu...

Aku tersiksa...
Beberapa kali nilaiku C hanya krn dosennya tdk mengenalku...

4. Belajar agama jg begitu. Aku memikirkan apa yg ada dibalik tulisan. Mngapa al-Ma'shumin saw brsabda bgni? Mngapa tdk brsabda bgtu?

Dr sanalah kemudian aku brtanya, "Skranya Rasul saw hadir di zaman ini, apa yg beliau saw sabdakan? Apakah aku sanggup mengikuti sabda beliau saw?"

Sekiranya aku hadir di sisi Rasul saw, aku harus spt siapa? Bisakah? Klo ga bs, apa yg kurang drku? Dptkah kuperbaiki diriku? Bgmna caranya?

Klo aku di zaman Imam Husain as, spt sapa aku ini?
Apa hujjahku?
Sanggupkah aku?

Skrnya Imam Khumeini qs hadir di zamanku di Melayu Raya ini, dlm posisi historis sptku, apa yg beliau qs lakukan?
Apakah spt jalan yg kutempuh kini?

5. Belajar otodidak.... belajar dr hujjah. Stiap kita punya hujjah batin, yaitu akal kita masing2. Akal kita ini kita didik dg menyertakannya dlm stiap zaman disisi hujjah2 zahir, yaitu al-Ma'shumin saw hg org2 suci spt Imam qs.

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

JAGA ADAB DG REDAM SYAHWAT

1. Bacalah note Ami Alex ttg sabda Imam Ali as "AKU HERAN..." Disebutkan bhw malaikat adl makhluk akal tanpa nafsu syahwat. Ingat adab ingat Ruang Malakut. Redam syahwat utk cipta Ruang Malakut.... See More

2. Taukah antm apa rahasia Ruang Malakut dg turunnya ilmu? Yg Allah aw banggakan dr manusia adl adab. Malaikat "cari muka" kpd Allah aw dg memuja2 manusia bradab. Lalu Allah aw ridhai ilmuNya kpd manusia tsbt. Ilmu itu uda ada, tinggal hijab akal aja yg dibuka. Ilmu ga jauh2 koq.

3. Yg diwaspadai adl syahwat perusak adab. Dia menyelinap via tindakan "ga tau diri". Sok pintar bantah sani-sini pdhal ingin dipuji lawan jenisnya... Bikin diri elok rupawan... Cari popularitas... Mau dikerumunin jelma sareung jurig. Angan2 sarat, tp trselubung apik dibalik rayuan iblis...

Goblog!

4. Tundukkan hati! Sadarlah bhw kita ini SYAIKH AL-GOBLOG ABUL GOBLOG IBNUL GOBLOG alias SUPER GOBLOG! Makanya TAKUT! Waswas! Cemas!

Dan belajarlah dlm keadaan spt itu... krn dg begitulah stiap TA'DIB seharusnya dilakukan.

TA'LIMnya ga usah pengumuman!
Ilmu akan turun sndri!
Ga ustadz, ntar nemu sndri!

Makanya ustadzmu letakkan di dadamu... krn trkadang--malah sering--kita dpt ilmu dr anak-cucu kita sndri...

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

DIPOL CINTA DUA SEJOLI

1. Ini trkait dg hadits di status, "... dua sejoli dlm menggapai kebenaran..." Spt Rasul saw dan Imam as. Rasul saw dididik Allah aw, Imam as dididk Rasul saw. Apa yg turun kpd Rasul saw, trwujud pd diri Imam as. Rasul saw memuja Imam as...... See More

2. Dlm PSIKOSIMETRI, seakan Rasul saw brsabda, "Inilah diriku, tp coba lihat AKU-ku (Imam as)." Tawaddu'. Spt antm brkata, "Memang aku (diriku) bgni adanya... tp anakku (AKU-ku) tdk sptku..." Jarang sekali Rasul saw tunjukkan keAKUanku, kcwli trkait dg AKU2nya itu.

Imam as jg bgtu trhdp al-Hasanain as...

Rasul saw brsabda, "... yg lbh dahulu lbh mulia dr yg kemudian..." Tp, dlm ta'dib, yg dahulu jstru memuja dan memuliakan yg kemudian.

3. Murid memuja guru itu biasa. Tp yg luar biasa adl guru memuja dan menonjolkan kelebihan murid. Guru belajar dr murid.

Inilah DIPOL CINTA DUA SEJOLI, antara guru dan murid dlm menggapai kebenaran...

Al-Fathihah ma'a shalawat!

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Tidak ada komentar: