Selamat Datang di Blog Kami

Blog ini khusus memuat catatan dan kumpulan status Abdullah Isma'ili di facebook

Blog ini merupakan bentuk terima kasih kami (admin) pada abah kami Abdullah Isma'ili

Silakan bertanya pada kami di facebook
1. Safiyah Alifa
2. Syarifah Safinah Alaydrus
3. Yudas Iskandar
4. Evida Zaitun Alkaff
5. Surya Hamidi

lovely family

lovely family
edited by Zakki Assegaf

Senin, 21 Februari 2011

AGAMA IBRAHIM 1 & 2 :

AGAMA IBRAHIM (1):


"Dan ktka Ibrahim diuji Tuhannya dg KALIMAAT, ia tunaikan. Allah brfirman, 'Sungguh Aku jadikan kau IMAM bg SELURUH manusia.' Ia brkata, 'Smg jg DZURIYATku.' Allah brfirman, 'JanjiKu tdk utk org2 zalim.'" (2:124). Ibrahim as hanya washiatkan kpd anak2nya dan Ya'qub (2:130). Lalu bgmna shga beliau as ...jd IMAM bg selain mrk? Spt itu jg IMAM AHLUL BAYT dzuriyat Ibrahim as, mrk adl IMAM (setia) ZAMAN


Abdullah Ismaili
STOP PRESS!!!

PERSIAPAN UJIAN SAFIYAH & NOVI

1. Dilakukan di status masing2, Fiyah & Novi. Posting status utk kemukakan kesiapanmu diuji. Tundukkan hatimu, renungkan apa tujuan kau diuji... Lalu tulislah status agr kami dtg mengujimu...... See More

Waktu: Hari Selasa ini...

2. Teh Ning & Margi siapkan pertanyaan pembuka. Teh Ning utk Fiyah, dan Margi utk Novi. Baca kembali status sblmnya [Tafsir Psikosimetri (7)] agr dapatkan ayat2 yg diuji. Bacalah ayat2 tsb, renungkan, dan susunlah sebuah pertanyaan pembuka.

Ingat baik2 utk apa kau bertanya... Jadilah ia pedoman dlm menyusun pertanyaan awal.

Syukran...

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil farajah wanshur man nasharah warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af


Abdullah Ismaili
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja Muhammad.

Salam kembali duhan para pencinta Hababahku Zahra as...

Smg cinta Hababahku Zahra as sejukkan hati kalian dan hatiku......
Hujani negerku dg cintamu...

wa rahmatullahi wa barakatuh...

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja Muhammad.

TAFSIR PSIKOSIMETRI 4 AYAT 2:124 PD STATUS

1. Kata "diuji" diterjemahkan dr "ibtalaa", yg berasal dr kata "balaa", cobaan atau ujian. Smw kita prnh diuji, ada yg lulus, banyak, tp tdk dpt karunia jd IMAM. Artinya, "balaa" ini sungguh2, shg dipake kata "ibtalaa", diuji dg sungguh2, atau Ibrahim as serius dg ujiannya itu, "fa-atammahun", maka Ibrahim as menunaikan (fa-atammahun).

Kesimpulan: Jabatan IMAM adl dr Rabb stlh fit & proper test olehNya sndri--kaga ada hubungannya dg pengakuan manusia!

2. Allah aw berfirman, "Innii jaa-iluka linnaasi imaaman", Aku jadikan kau IMAM bg seluruh manusia. Kalimat penekanannya--kesungguh2an--mirip dg RasulNya saw brsabda, "Innii taarikum fiikumus staqalain..."

3. Ibrahim as berkata, "Dan smg jg DZURIYATku." Dari mana kesadaran belian as utk memohon spt itu? Bhw IMAMAH itu diturunkan via DZURIYAT... krn beliau as dptkan via diuji, bukan krn dilahirkan. Beliau as memohon dmkian jikka (doubel k, yakni kk dlm jikka artinya jika & hanya jika) ada ma'rifat ttg akan adanya IMAMAH stlh beliau as. Akan ada AIMMAH yg lahir stlh beliau as. Dan beliau as memohonnya utk jd DZURIYAT beliau as.

Kesimpulan: Ibrahim as mengenal Aimmah tsb.

4. Ibrahim as dpt IMAM stlh diuji. Mngapa beliau as tdk biarkan sj shg dzuriyatnya diuji jg? Mngpa pula pake mohon segala?

Kesimpulan: Aimmah tsb "telah bebas ujian", atau, klo pun diuji, dzuriyatnya (klo beliau as tdk berdoa), pastilah tdk luluh. Artinya, Aimmah tsb lbh mulia dr beliau as.

5. Boleh jd Allah aw menjawab kpd Ibrahim as, "JanjiKu tdk utk org2 zalim." Banyak jg kata2 Ibrahim as yg tdk ditulis dlm al-Qur'an, sbgmn banyak jg kalam Allah aw kpd Ibrahim as yg tdk ditulis. Dlm ayat tsb, kalam Allah aw yg ditulis hanyalah, "JanjiU tdk utk org2 zalim."

Mngpa ini ditulis?
Apa KEPENTINGAN AKU dg tulisan ini?

Kesimpulan: Agr aku memilih AIMMAH dr dzuriyat itu hanyalah yg bukan zalim. Bani Israil banyak skali yg zalim. Isa bukan Bani Israil. Bani Ismail jg...

Maka AKU WAJIB MENELITI!

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil farajah wanshur man nasharah warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Ismaili
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad...

@Hakim... Jam 10.00 WIB...

AL-BAYT TAMBATAN YG AMAN: AYAT 2:125... See More

(a) "Dan ktka Kami jadikan AL-BAYT (rumah itu) TAMBATAN (matsaabatan) bg manusia dan tempat yg aman (AMNAN)."

Tafsir:

Pikirkan bhw AL-BAYT ini merujuk kpd DZURIYAT yg dimintakan oleh Ibrahim as dlm ayat sblmnya, 2:124. Matsaabatan disini adl Allah aw tambatkan janjiNya dlm sulbi Ibrahim / Ismail as. Dan Allah aw jamin keamanannya slmn dlm sulbi dan kelak akan lahir.

Dan janji Allah aw itu pasti!

(b) "Dan Kami jadikan sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat."

Tafsir:

Terjemahan (Depag) yg dipaksakan!
Betul bhw maqam Ibrahim as itu ada. Imam Baqir as menjelaskan bhw 3 batu diturunkan dr surga: maqam Ibrahim as, batu Bani Israil (batu terapung Hajar Sakhrah), dan Hajar Aswad (Syed al-Jazairi, Dari Adam hingga Isa, Lentera, h. 292). Akan tetapi batu tsb, yakni maqam Ibrahim as, adl "ayat alam", dan riwayatnya jelas. Yg belum jelas adl maqam Ibrahim as dlm ayat 2:125 ini sbg "ayat-diri".

Begini... Ibrahim as menegakkan sesuatu yg brnilai dlm dirinya, dan Allah aw abadikan dg batu yg diberi nama maqam Ibrahim, "yg ditegakkan oleh Ibrahim as". Dan yg ditegakkan itu adl shalat atau shalawat. Itulah yg ditulis "wattakhadzu min maqami ibraahima mushalla", dan kami ambil yg ditegakkan oleh Ibrahim as itu utk dishalatkan. Yaitu Muhammad & Ahlul Bayt.

Ini utk menjamin klosul (a).

(c) "Dan Kami telah Kami perintahkan Ibrahim dan Ismail , 'Bersihkan rumahKu utk org2 yg bertawaf, yg i'tikaf, dan yg ruku' dan yg sujud."

Tafsir:

Terjemahan yg tepat bukanlah "perintahkan" melainkan "janjikan" ('ahid), yaitu janji Allah aw pd ayat 2:124 utk Aimmah dr dzuriyat Ibrahim / Ismail as itu. Jd, terjemahannya adl "dan Kami (teguhkan) janji kpd Ibrahim dan Ismail, 'Bersihkan rumahKu (an thahhira bayti)...'" Dibersihkan dg shalat atau shalawat.

Penggalan selanjutnya adl "lit thaa-ifiina wal 'aakifina warukka-is sujud". Wallahi, ana berkeyakinan bhw baik thaa-ifiina (org2 tawaf), al-'aakifina (org2 yg i'itikaf), dan al-rukka-is sujud (org2 yg ruku-sujud) adl Bani Hasyim pd zamannya, dan Bani Hasyim / Hasyimi pd zaman setelahnya hg kini.

Kita telah melihat AL-THAA-IFAH, org yg menonjol dlm samar2. Sbaliknya, AL-THAA-IFIIN dlm ayat ini adl "org2 yg tawaf". Akan tetapi yg tepat adl "org2 yg tawaf scr tak kentara", tawaf di dlm sulbi, tawaf di tempatnya, tawaf menitari Imam Zamannya. Org2 tsb adl Bani Hasyim / Hasyimi yg bertafakur dlm mihrab Ruang Malakutnya. Org2 yg berwilayah.

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil farajah wanshur man nasharah warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af
Sun at 6:32pm
Ummu Sarah
Ummu Sarah
Subhanallah....

Smoga cinta hababah Zahra as sejukkan hatiku, hatimu dan hati para pendambanya...

Allahumma shalli ala Muhammad wa aali Muhammad wa ajjil faraja aali Muhammad

Abdullah Ismaili
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad...

@Fiyah... Insya Allah besok kita doakan di akun Doa KC. Harus sukses. Ga selasa, ya rabu...

Cermati baik2 metode yg abah gunakan... Tundukkan hatimu... ya Karim......

IBRAHIM AS: DARI KOSMOLOGI BUMI MENUJU KOSMOLOGI LANGIT

2:126. Dan ktka Ibrahim BERKATA, "Tuhan jadikan NEGERI (baladan) ini aman dan rizqikan dari PENDUDUK2nya (ahlihi) buah2an sapa2 yg beriman diantara mrk kpd Allah dan Hari Akhir." Allah berfirman, "Dan kpd yg kafir pun aku berikan kesenangan (mut'ah) sedikit, kmdian aku paksa ia siksa neraka dan itulah seburuk2 tempat kmbali."

Tafsir:

Perhatikan ayat 2:124, ktk Ibrahim as brkata ttg dzuriyat, Allah aw "tegur" dg "tdk kpd yg zalim". Ktka membangun rumah (fisik) dlm ayat 2:125, Allah aw tegaskan dg "Bersihkan rumahKu" (non-fisik). Boleh jd dlm ayat tsb, Ibrahim as berpikir bhw AL-THAA-IFIIN, AL-'AAKIFIIN, dst adl fisik jg, org2 yg lakukan hal tsb di Ka'bah. Orientasinya masih berupa kosmologi bumi.

Krn kosmologi bumi, maka Ibrahim as berkata ttg negeri / balad, ruang... Akan tetapi Allah aw tegaskan dg singkirkan org2 kafir. Allah aw mengajarkan nilai langit, kesucian, dg pandangan atau kosmologi langit.

Stlh Ibrahim as menyadarinya, barulah ayat beriku ini...

2:127. Dan ktk Ibrahim--dan Ismail--tinggikan (YARFA'U) fundasi (AL-QAWAA'ID) dr AL-BAYT, (barulah berdoa) "Rabbana kabulkan permintaan kami, sungguh Engkau Maha Mendengar lg Maha Mengetahu."

Tafsir:

Kata "tinggikan" (yarfa'u) adl mengenal nilai ketinggian, bukan membangun (binaa) jd tinggi (fisik). Fundasi dr rumah (al-qawaa'ida min bayt) adl Muhammad dan Ahlul Bayt saw. Stlh itu barulah beliau as brdoa.

Perhatikan bhw doa beliau berdua as selanjutnya (2:128-129) adl bermuatan kosmologi langit...

2.128. Ya Tuhan kami, jadikan kami berserah diri kpdMu, dan jd dr dzuriyat kami umat yg berserah diri (muslimun), dan tunjukkan kami MANASIK dan terimalah tobat kami...

Tafsir:

Syarat jd muslim adl berpindah kpd kosmologi langit (yg tinggi) dg cara tunduk berserah diri (merendah). Dan MANASAIK bukanlah dlm pandangan bumi, melainkan langit.

Perhatikan bwh dzuriyat yg dmaksud disini bukan dzuriyat yg tlh dijanjikan Allah aw menjadi Aimmah (2:124), melainkan yg lain selain itu. Dzuriyat ini adl MEREKA dlm ayat berikut ini...

2.129. Ya Tuhan kami, utuslah utk mrk seorg Rasul dr kalangan mrk MEMBACAKAN (YATLUU, mengajarkan WILAYAH) kpd mrk ayat2Mu dan mengajarkan AL-KITAB & AL-HIKMAH dan menyucikan mrk...

Tafsir:

Yg diminta adl Rasul--yaitu Muhammad saw. Dan, dlm kosmologi langit, maka AYAT, AL-KITAB, & AL-HIKMAH adl Ahlul Bayt. Ini tdk dpt difahami dg kosmologi bumi, dan ayat ini akan bertentangan dg kosmologi bumi!

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil farajah wanshur man nasharah warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Ismaili
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

INTI METODE PSIKOSIMETRI: HADIRKAH KAMU PD ZAMANNYA?

2:130. Dan tiada yg benci kpd MILLAH (agama, WILAYAH yg diyakini) Ibrahim kcwl org yg bodohi (safiha) dirinya sndri. Sungguh Kami pilih (ishthafaina) ia (Ibrahim) di dunia, dan sesungguhnya di akhirat ia trmasuk org2 yg shaleh...

Tafsir:

Millah merijuk ke WILAYAH. Kata millah tdk muncul eksplisit pd Musa as dst. Ini mengisyaratkan bhw kesadaran berWILAYAH muncul sejak Ibrahim as scr demonstratif, maksudnya, beliau as tunjukkan kpd org lain (keluarganya) dan krn itu beliau as jd IMAM. Akan tetapi sikap dr berwilayah adl tunduk pasrah (muslim).

Dan krn itulah beliau as dipilih.

Kesimpulan: Berwilayah adl pasrah kpd Wilayah. Membenci wilayah adl DUNGU!

2.131. Ketika Tuhannya brkata kpdnya, "Aslim (tunduk patuhlah)!" Maka ia berkata, "Aku tunduk patuh kpd Tuhan semesta alam."

Tafsir:

Ini menunjukkan dialog dg Rabb-nya, dan Rabb-nya berkata pdnya (qaala lahu Rabbahu) spt itu. Ia menjawab spt itu... Digunakan Rabbahu... Spt dlm jarak dekat...

Siapakah Rabbil 'alamin (spt) ini?
Pastilah sesuatu yg lbh dr sekedar pengalaman "buta" kita... Oleh krn itu...

2.132. Dan Ibrahim mewashiatkan dgnya (wa washsha bihaa ibrahima) anak2nya --bgtu pula Ya'qub--"Wahai anak2ku, sesungguhnya Allah tlh memilih kpd kalian AL-DIIN, maka janganlah kamu mati slain sbg muslimun (org2 tunduk patuh)."

Tafsir:

Klo hanya keyakinan biasa, tentulah tdk perlu washiat. Ia luar biasa shg dsbt AL-DIIN, hutang dunia. Ia bukan lg "konsep" millah (wilayah) melainkan AL-DIIN adl "sosok" yg dipilih utk dipatuhi. Dan perhatikan bhw Ibrahim as tdk gunakan kata Rabb, melainkan ALLAH memilih AL-DIIN itu.

2.133. Apakah kamu hadir ktka Ya'qub akan mati? Yaitu ktk ia brkata kpd anak2nya, " Apa yg kamu smbah sepeninggalanku?" Mrk menjawab, "Kami menyembah ILAHmu dan ILAH ayah2mu Ibrahim, Ismail, dan Ishaq ILAH YG AHAD. Dan kami tunduk kpdNya."

Tafsir:

Ayat ini lbh tegas dlm penggunaan kata ILAH--Tuhan yg transendet (jauh)--pdhl pengakuan muslim oleh Ibrahim as kpd Rabb (2:131). Jd, spt ditegaskan smblmnya, bhw Rabb adl Tuhan yg imanen (dekat), akan tetapi tdk dikenal baik oleh selain yg mengalami kedekatan. Nah, trhdp org yg tdk dekat ini, Tuhan menjadi ILAH (Allah) yg transenden (jauh) sdgkan Rabb (Pengayom) brubah dr "sosok" menjadi AL-DIIN (risalah) yg diwashiatkan.

2.134. Itu adl umat yg satu yg tlh berlalu; bgnya apa yg tlh diusahakan, dan bgmu apa yg kau usahakan, dan kamu tdk diminta pertanggungan jawab ttg apa yg tlh mrk kerjakan.

Tafsir:

Maksudnya, kau ga hadir pd zamannya, jd kau ga tau apa2. Kau jg ga hadirkan hati dan jiwamu shg kau ga ngerti...

Kesimpulan: Hadirkan hati dan jiwamu! Itulah inti metode psikosimetri...

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil farajah wanshur man nasharah warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Ismaili
INTERMEZO: TENTANG AZAR

2.133. Apakah kamu hadir ktka Ya'qub akan mati? Yaitu ktk ia brkata kpd anak2nya, "Apa yg kamu smbah sepeninggalanku?" Mrk menjawab, "Kami menyembah ILAHmu dan ILAH ayah2mu Ibrahim, Ismail, dan Ishaq ILAH YG AHAD. Dan kami tunduk kpdNya."

Tafsir:..

Ismail as adl paman, tp anak2 Ya'qub as memanggilnya ayah.

6.74. Dan Ibrahim berkata kpd ayahnya Azar, "Pantaskah kamu jadikan berhala2 sbg tuhan2? Ssungguhnya aku melihatmu dlm kesesatan yg nyata."

Tafsir:

Ayat ini bertentangan dg ayat 2:133 diatas klo Azar adl ayah Ibrahim as. Dan pertentangan sgr lenyap apabila difahami bhw paman jg dipanggil ayah

Abdullah Ismaili
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad.

SIMETRI SEJARAH & DIRI

2.135. Dan mrk berkata, "Hendaklah kamu jd YAHUDI atau NASHARAH, nscya kamu dpt petunjuk." Katakanlah, "Tidak! MILLAH Ibrahim lah yg lurus, dan bukan dr org2 musyrikin."... See More

Simetri:

Dan mrk berkata, "Hendaklah kamu jd MU'TAZILAH / SUNNI atau KHAWARIJ / WAHABI, nscya kamu dpt petunjuk." Katakanlah, "Tidak! SYIAH (berWILAYAH kpd) ALI lah yg lurus, dan bukan dr org2 musyrikin."

2.136. Katakanlah, "Kami beriman kpd Allah dan apa yg diturunkan kpd kami dan apa yg diturunkan kpd Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya'qub, dan anak-cucunya, dan apa yg dturunkan kpd nabi2 dr Rabb mrk. Kami tdk menjadikan (mrk) FIRQAH (yg beda) dr seorg pun dan kami tunduk patuh kpdNya."

Simetri:

Katakanlah, "Kami beriman kpd Allah dan apa yg diturunkan kpd kami dan apa yg diturunkan kpd ALI, HASAN, HUSAIN, ALI ZAINAL ABIDIN, dan anak-cucunya, dan apa yg dturunkan kpd nabi2 dr Rabb mrk. Kami tdk menjadikan (mrk) FIRQAH (yg beda) dr seorg pun dan kami tunduk patuh kpdNya."

2.137. Maka jika mrk beriman kpd apa yg tlh diturunkan kpdnya, sungguh mrk tlh dptkan petunjuk. Dan apabila mereka berpaling (TAWALLAU), maka sesungguhnya mrk brada dlm permusuhan. Maka Allah memelihara kamu...

Simetri:

Maka jika mrk BERWILAYAH KPD ALI, sungguh mrk tlh dptkan petunjuk. Dan apabila mereka BERPALING DARI WILAYAH ALI (TAWALLAU), maka sesungguhnya mrk brada dlm permusuhan. Maka Allah memelihara kamu...

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil farajah wanshur man nasharah warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af


AGAMA IBRAHIM (2): WILAYAH adl AHAD, satu, dan penyimpangannya dua. Awalnya YAHUDI & NASHARAH, tengahnya IBNU ABU QUHAFA & IBNU SUHHAK, lalu bergeser ke KHAWARIJ & MU'TAZILAH, dan kini SAUDI WAHABI & AMERIKA ZIONIS. Medel matematiknya adl CONIC, yaitu WILAYAH = PARABOLA, KHAWARIJ = HIPERBOLA, dan MU'TAZILAH = ELLIPS. M...engertilah bhw scr matematik, hanya parabola yg beri solusi analitik

Abdullah Ismaili
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil farajah.

Salam salam salam...

Smg cinta Hababahku Zahra as sejukkan hatimu......
Hujani negeriku dg cintamu...

wa rahmatullahi wa barakatuh...

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil farajah.

GARA2 MENYEMBUNYIKAN, JADILAH "AYAT FITNAH"

[2.138] Shibghah Allah. Dan siapakah yang lebih baik shibghahnya daripada Allah? Dan hanya kepada-Nya-lah kami menyembah.

Tafsir:

Shibghah (celupan) di sini adl "seumpama mencelup", semudah itu, ktk org berpindah menjadi beriman, maka ia sgr mndpt petunjuk, "fa-qadihtadau". Dlm doa "Ihdinas Shirathal Mustaqim", berikan kami petunjuk Jalan yg Lurus, maka sgr petunjuk itu dtg tatkala ia beriman kpd "Shirathal ladzina an'amta 'alaihim", jalan org2 yg diberi nikmat.

Mudah semudah mencelup bg yg tunduk kpd org2 tsb. Tp sulit bg mrk yg menolak. Psikologi penolakannya begini, "Yg disuruh kami minta ad JALAN. Yg menunjuk koq ORANG?"

[2.139] Katakanlah: "Apakah kamu memperdebatkan (tuhaajjuu, berhujjah2) dengan kami tentang Allah, padahal Dia adalah Tuhan kami dan Tuhan kamu (wa huwa rabbuna wa rabbukum); bagi kami amalan kami, bagi kamu amalan kamu dan hanya kepada-Nya kami mengikhlaskan hati,

Tafsir:

Yg dibantah2kan itu, spt ayat 2:138, adl ttg Allah, pdhl substansinya adl Dia (huwa), yaitu Rabb. Maksudnya, yg berbantah2 ini mengira mengenal Allah, pdhl yg mrk perdebatkan adl Rabb.

[2.140] ataukah kamu (hai orang-orang Yahudi dan Nasrani) mengatakan bahwa Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakqub dan anak cucunya, adalah penganut agama Yahudi atau Nasrani? Katakanlah: "Apakah kamu yang lebih mengetahui ataukah Allah, dan siapakah yang lebih lalim daripada orang yang menyembunyikan syahadah dari Allah yang ada padanya (man azhlamu mimman katama syahaadatan 'indahu amillah)?" Dan Allah sekali-kali tiada lengah dari apa yang kamu kerjakan.

Tafsir:

Yg beri kurung (hai org2 yahudi & nasrani) adl Depag (wahabi). Dlm hal ini yahudi & nashrani hendak dijadikan "kambing hitam". Yg disembunyikan adl "kamu", yaitu "org yg menyembunyikan syahadah dr Allah" itu. Zaman dulu adl Syaikhain, zaman skrg adl Depag sndiri (penerjemah atau penafsirnya itu). Si "kamu" ini benar ga tau diri, menulis sndri "Dan Allah sekali-kali tiada lengah dari apa yang kamu kerjakan", tp "kamu" jg lah yg mengingkari (masih smbunyikan jg).

Inti dr ayat ini adl siapa si "kamu" itu. Klo tdk jelas siapa si "kamu" yg menyembunyikan persaksiannya itu, maka ayat ini hanyalah AYAT FITNAH! Kacau! Setiap kita akan saling tuduh...

[2.141] Itu adalah umat yang telah lalu; baginya apa yang diusahakannya dan bagimu apa yang kamu usahakan; dan kamu tidak akan diminta pertanggungan jawab tentang apa yang telah mereka kerjakan.

Tafsir:

Klo pun si "kamu" itu abu bakar & umar, maka kamu & kami ga ada urusannya. Kami laknat mrk wajar, kamu bela mrk kurang ajar!

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil farajah wanshur man nasharah warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af


KIBLAT = AL-RAHIM

[2.143] Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu. Dan Kami tidak menetapkan kiblat yang menjadi kiblatmu (sekarang) melainkan agar Kami mengetahui (supaya nyata) siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang membelot. Dan sungguh (pemindahan kiblat) itu terasa amat berat, kecuali bagi orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah; dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada manusia...

Tafsir:

Terjemahannya ashabiyah, kegeeran, yaitu pd "kamu" = "umat Islam". Mana ada "umat Islam" = ummatun wasathan (umat pertengahan), yg diterjemahkan "umat yg adil dan pilihan". NU aja yg ngaku2 ummatun wasathan toh ga pernah akur. Ini "umat hayalan". Provokatif.

Masa bodo lah soal "jd saksi atas manusia"... Tp yg kebangetan adl "Rasul jd saksi atas kamu". Ga ada takut2nya bawa2 nama Rasul saw...

Tafsir yg sebenarnya adl bukan kosmologi bumi, yakni "Dan Kami tidak menetapkan kiblat yang menjadi kiblatmu (sekarang)", melainkan kosmologi langit, "agar Kami mengetahui (supaya nyata) siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang membelot". Kiblatmu sapa? Rabbmu sapa? Yg berikan kau petunjuk itu sapa?

"Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada manusia" diterjemahkan dr "innallaha binnasi la ra-uufur rahim". Terjemahan yg lbh pas adl "sesungguhnya Allah 'membawa' manusia kpd al-ra-uuf al-rahim". Al-ra-uf al-rahim ini artinya yg paling peka klo diminta krn kasih sayangnya, yg paling dekat yg tau kebutuhan org yg memimta. Imam Shadiq as mengajarkan doa hajat sujud syukur yg diawali dg, "Ya Ra-ufu ya Rahimu ya Rabbi ya Sayyidi..." Itulah Kiblat dlm kosmologi langit. Ia adl al-Rahim dlm bacaan Basmallah...

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil farajah wanshur man nasharah warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

PEMINDAHAN KIBLAT: KOSMOLOGI BUMI BUKTIKAN KOSMOLOGI LANGIT

1. Imam Ali as bermusyahadah bhw beliau as adl org yg shalat dg dua kiblat. Ayat pemindahan kiblat itu turun tatkala Imam as sdh shalat di belakang Rasul saw....

2. Turun pd saat sdg shalat! Rasul saw berputar arah, Imam as jg berputar...

Imam as berputar tanpa bertanya!
Patuh!

Bayangin aja klo abu bakar atau umar... Kedua org ini kan berbicara dlm shalat!

3. Dlm shalat, kosmologi buminya adl menghadap ke kiblat. Klo org yg keukeuh sama kosmologi bumi, bgtu Rasul saw putar arah kiblat, Rasul saw diprotes...

Goblog!

Yg benar adl kosmologi langit: menghadap kemana pun Rasul saw menghadap!

Itulah ayat 59:7, "Apa saja yg dtg dr Rasul, terimalah. Dan apa saja yg dilarangnya, jauhilah."

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil farajah wanshur man nasharah warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

INTERMEZO: MAN YANQALIBA 'ALA AQIBAIH

1. Allah aw punya nama "man laa hawla wa laa quwwata illaa bih". Jg "al-ahadis shamadil ladzi lam yalid wa lam yuulad wa lam yakun lahuu kufuwan ahad". Allah aw berfirman, "Ud'uuni astajib lakum" (mintalah niscaya Aku ijabah kpd kalian), shg Imam Ali as berdoa dg memanggilNya, "Ya man qaala ud'uunii astajibu lakum..."

Rasul saw bersabda (42:23), "Laa as-alukum 'alaihi in ajriya illaamawaddatan fil qurba", shg antm dpt bertawashul kpd beliau saw dg memanggil, "Ya man qaala laa as-alukum 'alaihi..."... See More

Rasul saw memanggil Imam as, "Al-Karrar ghaira farrar." Atas panggilan itu, abu bakar dan umar dipanggil jg al-farrar.

2. Sudah dijelaskan bhw kita harus tau sapa itu "man katama syahadatan 'indahu minallah", org yg sembunyikan persaksiannya dr Allah (2:140). Klo kita tdk tau, maka ayat 2:140 jd AYAT FITNAH.

Dan petunjuknya ada pd MAN YANQALIBA 'ALA AQIBAIH. Mudah difahami bhw MAN YANQALIBA 'ALA AQIBAIH adl "man katama syahadatan 'indahu minallah" jg.

3. Maka kita selidiki petunjuknya pd dua ayat di bawah ini:

[2.143] Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu. Dan Kami tidak menetapkan kiblat yang menjadi kiblatmu (sekarang) melainkan agar Kami mengetahui (supaya nyata) siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang membelot (MAN YANQALIBA 'ALA AQIBAIH). Dan sungguh (pemindahan kiblat) itu terasa amat berat, kecuali bagi orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah; dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada manusia.

[3.144] Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul. Apakah jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)? Barang siapa yang berbalik ke belakang (MAN YANQALIBA 'ALA AQIBAIH), maka ia tidak dapat mendatangkan mudarat kepada Allah sedikit pun; dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.

3. Ayat pertama ditulis "siapa yg membelot", ayat kedua ditulis "siapa yg berbalik ke belakang", pdhal kalimatnya adl MAN YANQALIBA 'ALA AQIBAIH.

Ayat 3:144 diturunkan pd saat perang Uhud, dan org yg lari (berbalik ke belakang) dr perang itu adl abu bakar & umar. Saat Rasul saw wafat, umar hunus pedang dan mengancam, "Sapa yg bilang Rasul wafat, akan kutebas dg pedangku! Rasul hanya pergi sebentar spt Musa ke bukit Tursina..." Ngoceh terus sampe abu bakar dtg dan bacakan ayat itu (dg berbisik), dan umar terkejut lalu bertanya, "Ayat itu ada ya?"

4. Ungkapan MAN YANQALIBA 'ALA AQIBAIH ini bs jd fitnah kcwli ia jd AYAT JELAS pd saat Rasul saw wafat. Klo tetap tdk jelas, al-Qur'an hanyalah pemicu fitnah belaka!

Dan Allah aw tlh tunjukkan bhw MAN YANQALIBA 'ALA AQIBAIH dlm ayat 3:144 adl umar & abu bakar sndri.

Mrk berdua itulah MAN YANQALIBA 'ALA AQIBAIH dlm ayat 2:143.


Abdullah Ismaili
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil farajah.

JANJI ALLAH AKAN FUTHHU MAKKAH DAN PENGKHIANATAN

[2.144] Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidilharam. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidilharam itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.... See More

Tafsir:

"Kamu" adl Rasul saw. Ini kita ketahui dr kelembutan "Kami", Allah, menyapa beliau saw. Kata "taqalluba" dlm kalimat "Qad naraa taqalluba wajhika fis samaa" lbh tepat adl hati, shg terjemahannya, "Sungguh Kami melihat hatimu menatap langit", hatimu memohonkan 'sesuatu'. Apakah 'sesuatu' itu? Yaitu "yg kamu suka", tardhaaha. Dan "yg kamu suka" itu "Kami kabulkan". Maka kalimat "fa nuwalliyannaka qiblatan tardhaaha" artinya "Kami BACAKAN kpdmu apa yg Kami kabulkan dr apa yg kamu suka".

Hanya org2 yg hidup dg "isyarat langit" yg dpt memahami hal ini. Rasul saw rindu dg kampung halamannya, Makkah, ada Ka'bah & Masjidil Harah yg adl warisan leluhurnya. Beliau saw diembani amanah mengembalikan Ka'bah sbg pusat peribadatan, dan Makkah sbg Ummul Qura', ibukota dunia. Kapankan amanah ini tertunaikan? Rasa was2 bercampur rindu itulah yg beliau saw hadapkan ke langit. Beliau saw malu meminta langsung kpd Allah. Maka Allah menjawab dg "Kami BACAKAN kpdmu apa yg Kami kabulkan dr apa yg kamu suka". Mengubah arah Kiblat adl isyarat langit kpd RasulNya bhw yg disukai itu akan sgr terwujud, yaitu "penaklukan Makkah". Tentu sj Rasul saw tau itu shg beliau saw tdk "terkejut" dg perintah pengubahan arah Kiblat dlm keadaan shalat. Demikian jg Imam as.

"Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya" adl suatu festival demonstratif, semua org disuruh menghadap Ka'bah, artinya janji Allah ttg penaklukan Makkah itu silahkan dibuktikan. Dengan kata lain, klo kau musuh, maka silahkan halangi. Dan musuh tsb adl "uutul kitaab", org2 yg membaca kita. Tentu sj bukan yahudi & nashrani sbgmn yg ditafsirkan oleh Depag. Nah, "uutul kitaab" tiada lain adl "man qaliba 'ala aqibaihi" atau pun "man katama syahaadatan 'indahu amillah". Mrk itu tau bhw klo Rasul saw sangat suka dg perubahan arah Kiblat itu.

Dan perlu dicatat bhw adl FITNAH ktka menyamakan "uutul kitaab" dg "ahli kitab", yaitu yahudi & nashrani yg kitab masing adl taurat & injil. Oleh krn itu, kitab dlm uutul kitaab bukanlah taurat & injil dlm arti yg disimpangkan oleh terjemahan Depag itu.

Kalimat "Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan" menyuruh kita bertanya, "Apa yg mrk kerjakan?" Menjawab pertanyaan ini mrpkn sesuatu yg sangat peting dr ayat ini sndri.

[2.145] Dan sesungguhnya jika kamu mendatangkan kepada orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil), semua ayat (keterangan), mereka tidak akan mengikuti kiblatmu, dan kamu pun tidak akan mengikuti kiblat mereka, dan sebahagian mereka pun tidak akan mengikuti kiblat sebahagian yang lain. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti keinginan mereka setelah datang ilmu kepadamu, sesungguhnya kamu kalau begitu termasuk golongan orang-orang yang lalim.

Tafsir:

"Kamu" ini bukan lg Rasul saw melainkan antm. Yaitu antm yg diberikan Kitab & Ayat2, tp antm ingin bedakan diri antm dr "uutul kitaab". Antm ingin buktikan bhw "mereka" adl "uutul kitaab", "man yanqaliba 'ala aqibaih", "man katama syahaadatn 'indahu imillah"... dan antm tdk bersama atau mengikuti mrk itu. Nah, Allah aw ajarkan antm cara membuktikannya... Yaitu dg berkata kpd mrk, "Ikutilah Ali as (yg berkiblat mengikuti kiblat Rasul saw)!" Pasti mrk tdk mau!

Nah, penggalan ayat "Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti keinginan mereka setelah datang ilmu kepadamu, sesungguhnya kamu kalau begitu termasuk golongan orang-orang yang lalim" maksudnya, klo sudah tau mrk spt itu, ngapain jg ikut mrk...

[2.146] Orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang telah Kami beri Al Kitab (Taurat dan Injil) mengenal Muhammad seperti mereka mengenal anak-anaknya sendiri. Dan sesungguhnya sebahagian di antara mereka menyembunyikan kebenaran, padahal mereka mengetahui.

Tafsir:

Jelas bukan yahudi & dan nashrani, tp org2 yg masih punya hubungan "bani", sesama Quraisy jg. Mrk mengenal baik (yu'rifun), tp kenalnya sebatas spt kenal anak2 mrk, watak keteguhan keras Quraisy, sekali berkata begitu (taklukkan Makkah), akan melakukan itu pd saatnya. Tp bukan mengenal dlm kebenaran Nabi & Rasul saw. Setidaknya watak Bani Hasyim yg perkasa! Toh mrk ingkari jg yg sdh mrk kenal ini...

Dg kata lain, mrk bohong jg. Ashabiyah....

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil farajah wanshur man nasharah warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Ismaili
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil farajah.

Pertanyaan Ipa Asma, "Tuanku... tlg jelaskan lg ttg rasa rindu kampung halaman, tp Rasul saw 'malu', lalu Allah aw mengabulkan dg janji futhhul Makkah... Jelaskan agr saya menangis... Syukran..."

JAWABAN 4 IPA ASMA..
1. Rindu Makkah itu bukan Rasul saw sj, tp jg Imam as dan Bani Hasyim. Kau pernah alami diusir dr rumah umimu, rumah yg kau dibersarkan, kau hidup dg keluargamu... Kau dtg ke rumah itu, kau bawa anak2 dan suamimu utk merajut kenangan, menguatkan cinta dlm rumah tanggamu... Ternyata kau diusir... Kau keluar dg anak2 kecilmu, anak2 yatimmu, dg suamimu, dg tiada harta yg cukup... Bagaimana perasaanmu kala itu?

Kau ingin kembali... Kau rindu kenangan umimu... Keluargamu... Kau perkenalkan Ahlul Bayt di negeri lain, kpd org2 lain... Sdgkan rumah umimu dan keluargamu tdk dpt keberkahan... Kau rindu... Kau menangis...

Nah... Rasul saw sedih melebihi kau... Beliau saw diamanatkan Makkah, Masjid Haram, Ka'bah, Haji... Sembari itu berbondong2 org2 dtg mengambil berkah dr beliau saw, kcwli dr kampung halamannya sndri... Makkah...

2. Ada kesan romantisme manusiawi, krn itulah shg beliau saw malu memohon kpd Allah aw. Beliau saw menyadari amanahnya adl menyiapkan Imam as, menunggu shg al-Hasanain as lahir, menimang dan mendidik mrk, memberikan pesan kpd umat utk menjaga Imam dan al-Hasanain as slepas belian saw... Amanah ini terasa berat... Ada berita ttg kematian sadis mrk... Beliau saw khawatir, sedih... Semua bercampur aduk...

Itulah shg beliau saw tdk memohon perkara rindu Makkah... Beliau saw bukan spt kita yg main asal minta aja... Beliau saw menyukuri shalawat dar Allah & malaikatNya kpd beliau saw, nikmat yg trlalu besar shg membuat beliau saw malu memohon lg...

3. Sesungguhnya Allah aw melilih beliau saw justru krn malu yg besar itu... Dan Allah aw menjanjikannya dg begitu demonstratif.

Beliau saw sndri menyambut turunnya berita itu dg cara yg sangat indah, yaitu ketika sdg shalat. Beliau saw sdh tau akan turun berita itu, berita yg begitu menggembirakan hati beliau saw, shg beliau saw ingin menerimanya dlm keadaan sdg shalat. Dan berita yg turun, tanzil, adl perubahan arah Kiblat dr Masjid Aqsa ke Masjid Haram.

Pd umumnya kita hanya tau tanzilnya, perubahan arah Kiblat sj, kosmologi bumi sj. Makanya kita terheran2 dan bertanya, "Apa pentingnya?" Yg kita tdk tau adl kosmologi langit, betapa malaikat bertasbih krn Rasul saw menyambut berita khusus itu dg cara dlm keadaan shalat.

4. Imam as brkata bhw tiada yg menggembirakan beliau saw melebihi futhhul Makkah itu. Periksa khutbah2 beliau saw pd saat itu, betapa beliau saw braku2...

Kebanyakan kita biasa saja... Akan tetapi MAN YANQALIBA sangat sakit hati. Mrk tlh merencanakan konspirasi jahat, yg Allah aw firmankan td, "Allah sekali2 tdk lengah dr apa yg mrk kerjakan." Yaitu rencana kudeta yg dibuat justru pd saat futhhul Makkah...

Org yg terang2an ingin gagalkan futhhul Makkah adl umar pd saat Perjanjian Hudaibiyah. Ia ingin agr Rasul saw dan jama'ah masuk sj ke Makkah dlm keadaan tdk bersenjata... yg pasukan kafir tlh siap membantai di Makkah...

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil farajah wanshur man nasharah warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Ismaili
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil farajah.

@Teteh... Haadzaa min fadhli rabbina... Ilahi amiin... ya Karim...

Pertanyaan Ipa Asma, "Tlg jelaskan lg kalimat penolakan, 'Disuruh minta Shirathal Mustaqim, koq yg ditunjuk adl 'org2 yg diberi nikmat'. Apakah penolakan ini tdk masuk akal?"... See More

JAWABAN 4 IPA ASMA

1. Kalimat penolakan itu sndri ditunjuk oleh org jg, setdknya dirinya sndri. Smw petunjuk pasti dr org. Periksa aja! Dari istri, anak, teman, guru, ustadz... Atau dr iblis, dr nafsu, yg adl diri sndri.

Dan Allah dan RasulNya tdk menjamin org2 itu membawa ke surga!

Mau ikut terserah--klo memang maumu neraka!

Klo mau surga, ikut Org yg beri petunjuk--yaitu Ali as!

2. Mengikuti Imam as ini sangat masuk akal! Beliau as faqih, pemurah... Lengkap!

Klo ga mo ikut, ya terserah!

Tp, masalahnya, klo ga ikut Ali as, kerusakan terjadi... Makanya Allah aw musuhi kau klo ga mo ikut...

3. Ikut utk dpt hidayah. Dlm ayat 2:137 disebutkan "fa-inna aamanuu bimitslih...", beriman SEMISAL org2 yg beriman aja, semisal aja, belum beneran... udah dpt petunjuk. Mudahnya... Semudah "shibghah", semudah dicelup (2:138).

Klo org2 lain, harus belajar, bayar lagi... udah gitu sesat dan neraka...

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil farajah wanshur man nasharah warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af


Ammar Yassir

Ada yang ingin ku tanyakan abah.. Tapi kayaknya jauh dari konsep status abah.. Ya sayyidi gimana hukum fiqh Nikah Mut'ah bagi seorang gadis yang syiah tapi orangtuanya sunni.. Dia menikah M tanpa minta izin orang tuanya.. Sedang hukum fiqh mewajibkan izin itu..
Maafmu ya habibi..

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali
Muhammad wa 'ajjil farajah wanshur
man nasharah warham Imamal Khumeini
wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna
min ansharil Hujjahal Mahdi af

Abdullah Ismaili
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil farajah.

Bgmna hukum fiqihnya wanita yg mut'ah tanpa sepengetahuan wali, dlm hal ini org tuanya sunni?

JAWAB:...

1. Hukum fiqhnya itu menurut faqihnya masing2, marjanya, ana ga dlm kapasitas menjawabnya. Tp dpt ditanyakan kpd yg tau, insya Allah. Ana bs jawab hanyalah fatwa, yaitu hukum pd perkara khusus. Yg khusus di sini antara lain org tuanya sunni.

2. Dari sudut psikosimetri, yg sangat penting ada siapa yg bertanya? Apa kepentingannya? Pelaku atau bukan? Ataukah dia wali itu sndri?

Spt bbrpa hari lalu tarigan & sabara dtg bertanya, "Apa hukum ganggu istri org?" Harusnya ditanya dulu, ana ini sapa koq nanya ke ana? Apakah sabara ga tau shg harus nanya ke ana? Dan memang akhrnya terbukti bhw tujuan mrk bertanya bukanlah hukumnya tp tuduhan.

Nah, pertanyaan di atas jg harus dilihat: suatu pertanyaan ataukah tuduhan jg?

3. Misalkan tuduhan, maka ia dpt dtg krn cemburu... Maunya ga usah mut'ah. Klo ga mut'ah, hubungan bebas aja, canda gurau aja, chating2an aja... ga pernah ditanya, "Apa hukum fiqhnya?" Pdhal, menurut pengamatan ana, 90% haram... Tp itu ga ditanya! Ya wish...

4. Klo ana jawab haram, maka ana tlh cegah org dr melakukan mut'ah... Akhina Asqa Marhaban posting note bhw umar jd gay krn mencegah mut'ah. Umar main ama binatang jg krn cegah mut'ah. Ana ga mau spt umar.

Klo org tuanya sunni, pasti tolak. Klo ortunya tolak, awas! Ortunya bs jd gay jg...

Klo org yg menolak atau brtanya hanya krn cemburu... mdh2n dia jg gay!

5. Ana ga mau jd gay... Maka ana bolehkan utk org2 yg dibawah bimbingan ana. Dan ana doakan mudah2an ma'ruf.

Afwan...

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil farajah wanshur man nasharah warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana 'Ali Khamene'i waj'alna min ansharil Hujjahal Mahdi af

Tidak ada komentar: