Selamat Datang di Blog Kami

Blog ini khusus memuat catatan dan kumpulan status Abdullah Isma'ili di facebook

Blog ini merupakan bentuk terima kasih kami (admin) pada abah kami Abdullah Isma'ili

Silakan bertanya pada kami di facebook
1. Safiyah Alifa
2. Syarifah Safinah Alaydrus
3. Yudas Iskandar
4. Evida Zaitun Alkaff
5. Surya Hamidi

lovely family

lovely family
edited by Zakki Assegaf

Minggu, 17 Juli 2011

TAFSIR DUMMY (1): Pengantar Bilangan2 1 dan 2 dlm al-Qur-ån

by Abdullah Ismaili on Saturday, July 16, 2011 at 1:18am

Mengenal 0 dan 1 itu tdk mudah. Misalx Asep. Kata ibu saya, 'Asep karun aen...' Sekarung yg namax Asep itu di Bdg sana. Org2 kampung saya umumx br masuk Islam, dan anak2x umumx brmana Muhammad. Karun aen jg. Di sama org2 tua itu dipanggil dg kunyah, shg Aba Muhammad, atau lazimx 'Mo yaman', banyak amat, krn Mo itu banyak. Maka Mo sj tdk cukup. Yg trkenal, krn ia mudim, adl 'Mo yaman Salas', yakni Aba Muhammad Salasa. Spt ana, Aba Ahmad Abdullah. Satu obyek dikenal dg dua nama obyek.

Nama Salasa sbtlx 'ejekan', ia yg lahir di Selasa, tntu bg pengalaman yg buruk. Kebetulan ada yg lbh dulu lahir Selasa dan buruk, maka jadilah buruk relatif trhdp pengalaman dkampung itu.

Spt itulah nama ÅDAM, brasal dr ejekan iblis AL-DIMÅ-A. Lalu jadilah ÅDAM. Tp kan bs sj iblis gelari org lain jg ÅDAM. Nah, Adam as jd mulia krn kunyah, yakni ABA MUHAMMAD ÅDAM as. Kita katakan bhw Muhammad (saw) lah yg muliakan Adam as.

Pengalaman memang menunjukkan bhw kita lbh dahulu memahami bilangan 2. Akan ttpi kesadaran ini tdk serta-merta. Adam as menerima titah: uskun anta wa ZAUJUka al-jannah... tenanglah kamu dan pasangan2 surgawimu (2.35). Pasangan artix brdua2. Jd, pengalaman bilangan 2 tlh ada, tp kesadaran masih trblakang. Bib Shaleh posting sbuah hadits Nabi saw yg trkait dg pasangan2--baikx Antm jingok.

Tdk sulit sbtlx. AKU dan bukan-AKU. Waktu kecil kita ini pokokx AKU, yg bukan-AKU hrs ikut AKU. Stlh dewasa barula sadar bhw AKU sj NERAKA lah DIRIKU. Dan proses TAZKIYAH adl kembalikan jg AKU :: DIRIKU sbg bilangan 1. AKU zalim DIRIKU neraka.

Nah, al-Qur'an tdk bedakan langsung AKU dan DIRIKU, satu sj. Misalx ayat 2.9 dpt kita baca sbg 'AKU menipu..., AKU menipu DIRIKU sndr.' Ayat 2.8, 'AKU brkata briman, DIRIKU tdk briman...'

Skrg, perhatikan AKU :: DIRIKU. Menurut salah seorg dosen saya, apa yg skrg matematika menulis sbg X x X ini dulux dibaca 'X dikalikan dg DIRINYA sndri'. Hampir 25 thn br saya ngeh, itupun stlh membedah psikologi 'AKU dan DIRIKU'. Menulis X x X shrsx X2 x X1, dmn X1 lbh dulu ada. Maksudx, X x X itu didahului oleh X :: X yg artix AKU adl DIRIKU sndri. Matematika dpt brkembang jd sbuah DUNIA krn memenuhi AKU :: DIRIKU. Dunia kita hancur2n--tdk spt dunia matematika--krn tdk smw manusia menerapkan AKU :: DIRIKU.

Maksudx, dlm ayat 2.213, kåna al-nåsu ummatan WÅHIDATAN... Kata WÅHIDATAN, satu, justru dimaknai oleh kata KÅNA. Allah aw jadikan SATU, lalu brtitah USKUN, tetaplah satu. Tp iblis jdkan beda, SEUMPAMA satu.

You, Chipoet Asli, Edy Hamzah, Zahra Haidar and 21 others like this.


Abdullah Ismaili
Allahumma shalli ala Muhammad wa ali Muhammad wa ajjil farajal Mahdi.
bacalah, renungkan, dan brtanya

hadits yg Bib Shaleh dpt dilihat via profile-ku, tepat di atas note ini

Surya Hamidi
Allahumma shalli ala Muhammad wa ali Muhammad wa ajjil farajahum....

kita bisa membedakan angka 2(dua) dgn dua nanas... dlm kepala kita kita bisa membedakan mana angka dua dan mana buah nanas.... lalu bgmn cara membedakan antara AKU dgn DIRIKU???

Abdullah Ismaili
ini spt 'apakah ikan merasakan adax air?' Keadaanx spt 'apakah pemulung mencium bau sampah?' Sbg homo sapien, saraf2x dpt menyesuaikan hg ia dpt spt ikan trhdp air. Apakah homo faber mengenal capek? Bg kita, kerja 24 capek, tp bg homo faber... ga. Saraf cium dan saraf capek dihilangkan. Perhatikan bhw ketak-sadaran akibat kehilangan atau kekurangan.

Org yg tdk merasa brdosa itu kehilangan saraf dosa, katakanlah bgt. Jangan trsinggung: org yg tdk menyadari dirix tlh kehilangan saraf diri:-)

Apakah sama org yg tau adax bilangan irrasional dan org yg tdk tau? Org mana yg kehilangan apa?

sampe di sini apa bs, boss?
:-)

Arwinsyah Pml
Allahumma Shalli'Ala Muhammad Wa Aali Muhammad Wa 'Ajjil Faraja Al Qa'im Min Aali Muhammad

Afwan bib setelah membaca note bib Alex,nakda bisa membuat persamaan kyk gini AKU :: DIRIKU = RUH :: PERBUATANKU,maafmu sayyidi,tlg diluruskan afwan wa syukran

Abdullah Ismaili
Afwan tanda :: yg abah pake itu 'sama dengan'. afwan hpx butut:-)

ruh blm disinggung di note. jangan pake dulu ya sayang.
gini...ingatlah apa2 yg dulu prnah kau lakukan. apakah smwx baik?
mudah2n smwx baik:-)
tp klo ada yg tdk baik, maka apakah Antm ingn tetap spt itu?
coba jawab dulu, kasep:-)

Arwinsyah Pml
Afwan ya sayyidi..jujur bib perbuatan nakda sebelumnya sangat sering mendzalimi diri sendiri dan simetri dgn kalam bib "Kehilangan saraf diri"
Sering kali t'jadi pertentangan bib n sadar bhwa itu g baik tp krn kehilangan saraf diri perbuatan... tsb tetap nakda lakukan :-(
Terus terang nakda orangx g suka neko2,maunya seh jalan pintas tp setelah intens ikut kajian bib,ada hal2 yg mesti dilalui dgn prosedur adab dan keteraturan seperti ilmu matematika..
Bimbing nakda ya sayyidi agar bisa minimal mengerti jalan pikiran antum,afwan.

Abdullah Ismaili
duhai anakku... yg dimaksud dg taubat adl AKU bukan AKU-dulu, AKU-dulu punya prbuatan, DIRIKU yg nanggung.

dr sini trjadi pemisahan antara AKU dan DIRIKU. AKU adl SEKARANG, KINI. AKU-suka2, DIRIKU jd MASA LALU yg kelam.

kita bukan al-Ma'shumin saw yg kenal diri tanpa harus melalui dosa. kita ini kotor, dan kotor itulah shg kita dpt kenal diri.

ngerti, kasep:-)

Arwinsyah Pml
Subhanallah .. syukran katsiran bib..lembut namun efeknya luar biasa..love n miss u so much bib :-)

Abdullah Ismaili
miss apaan? tuh udah di tempatmu kan... peluk aja dia:-)

Arwinsyah Pml ‎:-)

Safiyah Alifa
Allahumma Shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad .. Syukran Abah.. :-)

Evida Ahmad Alkaff
Alhamdulillah...
Bib, syukran..

Allahumma shalli 'alaa Muhammad wa Aali Muhammad wa 'ajjil faraja Aali Muhammad

Abdullah Ismaili
he eh...
dua2x br nongol:-)
@Umi Vida... koq pd ngerti 'jingok' ya:-)

Abdullah Ismaili lanjut No. 2...

Evida Ahmad Alkaff
Bib..Wong kito galo..
Ummatan waahidatan, yo dak :)

Abdullah Ismaili
nian... kage si ilul sama si bambang dtg:-)

Tidak ada komentar: