Selamat Datang di Blog Kami

Blog ini khusus memuat catatan dan kumpulan status Abdullah Isma'ili di facebook

Blog ini merupakan bentuk terima kasih kami (admin) pada abah kami Abdullah Isma'ili

Silakan bertanya pada kami di facebook
1. Safiyah Alifa
2. Syarifah Safinah Alaydrus
3. Yudas Iskandar
4. Evida Zaitun Alkaff
5. Surya Hamidi

lovely family

lovely family
edited by Zakki Assegaf

Sabtu, 30 Juli 2011

LOGIKA AL-QUR'AN (6): Mengapa Cukup dg Surat2 AL-FÅTIHAH dan AL-BAQARAH?

by Aljabar Nubuwah on Saturday, July 30, 2011 at 12:23am

Apabila Antm belajar matematika sejati, yaitu ALJABAR dan ANALISIS, maka Antm mungkin terkejut bhw hitung2nx tdk ada, paling2 1+2::3. Hanya segitulah...

Kurikulum pendikan matematika dan fisika kita memang keliru, dan itu tlh dikeluhkan sejak dulu. Saat saya jd asisten matakuliah Fisika Matematika, ada seorg dr negeri kami yg ambil S2 tp D0. Ia brkata kpd saya, 'Ade, biar beta DO tp apa yg Ade ajarkan ini bs jd modal beta di kampung...' Ia menunjukkan catatanx dan saya merasa kasihan. Banyak yg branggapan bhw matematika itu rumus2 rumit dan penurunannya. Ya, spt yg ada di kepala Antm lah...

Matematika tdklah bgtu. Matematika adl yg kita utak-atik bilangan dlm permutasi itu. Yg bikin ruwet matematika adl krn org tdk tau suatu rumus itu kapan dipakai dan bgmn agr dpt dipakai, kmdn kemana ARAH penyelesainx. Kesulitan ini bhkn jg di alami di ITB. Klo pd akhrx seseorg dpt jd sarjana, itu krn motivasi bhw jd sarjana penting utk naikkan harga. Sdh kerja dan dpt selesaikan rumus, itu krn kerja itu ada UANG. Pemikiran ya disiplin tdk ada...

Pelajaran matematika dan fisika di sekolah menengah harus jd 3 bidang. Bidang matematika murni dan bidang matematika terapan harus dipisah. Bidang matematika terapan adl fisika yg hitung melulu itu. Sdgkn bidan fisika dikembalikan kpd bidan filsafah dan sejarah alam. Dlm hal ini, biologi jg masuk dlm bidang itu, bhkan jg dg bidang antropologi dan sosiologi. Dg dmkn, alam, hewan, dan manusia masuk dlm obyek2 pembelajaran filsafah dan sejarah alam. Akan tampak bhw manusia itu dg alam adl SATU. Antm tdk akan jumpai soal fisika 'sebuah batu dilemparkan ke atas...' krn itu akan sama dg 'seorg prof. fisika melompat dr gedung tinggi...'

Contoh2 probema fisika yg ada slama ini hanyalah WACANA. Ungkapan 'sbuah benda dileparkan...' adl wacana. Buat apa dlemparkan? Apakah tdk brdosa melemparkan ssuatu yg tdk brsalah? Apa fisika tdk punya kerjaan slain lempar-melempar?

Nah, dlm al-Qur'an, tdk ada yg namax wacana. Tdk ada pengandaian buta. Ada permisalan dan itu NYATA, ADA, bukan brandai2.

Dlm matematika, ada pengandaian, tetapi utk dibuktikan ada atau tdk. Oleh krn itu, pengandaian dlm matematika hanya yg sederhana sj. Matematika isix 'remeh' tp benar adax. Sampe tingkat S3, hitunganx paling2 0, 1, 2, ... Akan tetapi dg yg remeh2 ini, ia jd modal utk menemukan simetri2 fisika. Para ahli fisika teoritik spt Einstein adl jg ahli dlm matematik 'remeh', spt kita yg cukup dg al-Fatihah dan al-Baqarah sj

You, 'Ulil Arham', Evida Ahmad Alkaff, Dewa Langit and 7 others like this.

Aljabar Nubuwah
Allahumma shalli ala Muhammad wa ali MUhammad wa ajjil farajal Mahdi

Ryuzuke Ai Retsu
Allahumma shalli Ala muhammad wa Ali muhammad wa Ajjil faraja Ali muhammad

Syarifah Safinah Alaydrus
Allahumma shalli ala Muhammad wa Aali Muhammad wa ajjil faraja Aali Muhammad

Syamsi Kurbaabal
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa Aali Muhammad wa 'ajjil faraja Aali Muhammad

Evida Ahmad Alkaff
Allahumma shalli 'alaa Muhammad wa Aali Muhammad wa 'ajjil faraja Aali Muhammad

Tiniza Prasetyo
allahumma shalli ala muhammad wa aali muhammad wa ajjil faraja aali muhammad

Safiyah Alifa
MasyaAllah... Allahumma Shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja ali Muhammad

Tidak ada komentar: