Selamat Datang di Blog Kami

Blog ini khusus memuat catatan dan kumpulan status Abdullah Isma'ili di facebook

Blog ini merupakan bentuk terima kasih kami (admin) pada abah kami Abdullah Isma'ili

Silakan bertanya pada kami di facebook
1. Safiyah Alifa
2. Syarifah Safinah Alaydrus
3. Yudas Iskandar
4. Evida Zaitun Alkaff
5. Surya Hamidi

lovely family

lovely family
edited by Zakki Assegaf

Rabu, 03 Agustus 2011

LOGIKA AL-QUR'AN (11): Model Geometri ALAM QUR'AN

by Aljabar Nubuwah on Tuesday, August 2, 2011 at 2:38am

Saat masih SMA saya tdk mengerti mengapa org2 tua kami mengecam para dai. Mrk murka dg dakwah yg hanya andalkan sejumlah ayat dan hadits. Kata mrk, 'Ahsan gunakan waktumu utk memeriksa brpa banyak kadar babì yg masih trsisa dlm dirimu...'

Saat saya kuliah, lbh banyak lg saya temukan dai2 smcm itu, ayat dan hadits dì luar kepala. Saya pun ingin tp stiap saya bc ayat, sulit saya mengerti. Pd saat itu angkatan kami bikin seminar hadirkan Ustadz Jalal dan Cak Nur, dan saya ditugaskan utk 'membantai' rasionalitas Cak Nur. Saya pun brtanya, 'Saya bs dg mudah mengerti matematika dan fisika. Koq sulit saya mengerti al-Qur'an ya. Jangan2 al-Qur'an tdk masuk akal...' Alih2 Cak Nur, malah Ustadz Jalal yg jawab, 'Tdk masuk akal Abdullah mah urusan Abdullah... Yg pasti al-Qur'an masuk akal saya...'

Sejak itu saya trobsesi utk bikin al-Qur'an masuk akal. Tentu sj sjumlah pemikiran pun saya geluti, akan ttp tdk memadai. Dlm pd itu, saya simpulkan bhw al-Qur'an bg seseorg adl dirinya sndri. Apabila ia jdkan dirix liar, maka jd liarlah al-Qur'an dtanganx. Apabila dia kekan dlm kekerdilan dirix, maka jd kerdillah al-Qur'an.

Yg saya ingat, yg trakhr saya temukan adl pemikiran Murtadha Mutahhari. Beliau cerdas, akan tetapi beliau masih gagal membangun ALAM QUR'AN.

Apa itu ALAM QUR'AN?

Bayangkan spt BUMI NEWTON atau BUMI COLOMBUS yg bulat. BULAT artix tdk ada jalan yg tak brujung, pasti akan brsambung.

Stiap kata bahkan huruf dlm al-Qur'an tdk pernah brhenti pd dirix sndri. Awal al-Qur'an adl BI dlm BISMILLÅH. Mengapa harus BI? Bertanyaan ini PASTI dpt dijawab. Pasti! Maksudx, Antm tdk dpt branggapan bhw Antm tdk mengertì BI. Antm PASTI mengerti.

Kesulitanx adl org cenderung memahami al-Qur'an bukan dg cara bgmn al-Qur'an sndri memperfahamkan.

Ambillah kata2 FULKI, SAFINAH, dan JARAYAH. Saya pribadi tdk tau mana yg org2 Arab gunakan dan apa maksudx, dan toh saya tdk prduli. Mengapa? Krn al-Qur'an tdk mengambilx dr org2 Arab melainkan punya makna sndri. Saya tdk tau apa arti YAMMI, SYAR'I, dan ANHAR bg org2 Arab. Tp al-Qur'an punya arti sndri.

Al-Qur'an adl suatu GEOMETRI sbg geometri yg Antm kenal. Geometri dbangun dr TITIK. Ia tumbuh membentuk alam ibarat sbuah bibit yg tumbuh jd pohon, pohon hasilkan buah yg dimakan, bijix pun tumbuhkan pohon br pula. Spt itulah al-Qur'an.

Ada pohon brbuah baik, ada pula busuk, bgt pula al-Qur'an di sisimu. Buah busuk kau buang, sbgmn ayat2 yg kau buang. Haruslah kau tanya:

Mengapa busuk?

Bgmn agr baik?

You, Sattya Ali, Tika Fauzi, Edy Hamzah and 20 others like this.

Aljabar Nubuwah
Allahumma shalli ala Muhammad wa ali Muhammad wa ajjil farajal Mahdi

Dewa Langit
BI yg menguasai al-Qur'an. tapi itu baru anaknya. lalu siapa induknya?

induknyalah yg menjadikan busuk atau baik.

sahur dulu, Abah..

Allahumma shali ala Muhammad wa ali Muhammad wa ajjil farajal Mahdi

Tiniza Prasetyo
allahumma shalli ala muhammad wa aali muhammad wa ajjil faraja aali muhammad

Ryuzuke Ai Retsu
Allahumma shalli Ala muhammad wa Ali muhammad wa Ajjil faraja Ali muhammad

Shaleh Djufri
ALLAHUMMA SHALLI WASALLIM WABAARIK ALAA MUHAMMAD WA AALI MUHAMMAD WA'AJJIL FARAJA AL QA'IM MIN AALI MUHAMMAD....

Syarifah Safinah Alaydrus
Allahumma shalli ala Muhammad wa Aali Muhammad wa ajjil faraja al-Mahdi

Sattya Ali
Allahumma shalli ala Muhammad wa ali Muhammad wa ajjil farajal Mahdi..menyimak dengan ketundukan penuh..abah

Evida Ahmad Alkaff
Masya Allah..
You are wonderfull..

Allahumma shalli 'alaa Muhammad wa Aali Muhammad wa 'ajjil faraja Aali Muhammad

Irma Hardiyanti Akatsuki
Allahummma shalli ala Muhammad wa aali muhammad wa ajjil faraja aali Muhammad.

Bunda Kamila
Allahumma shalli ala Muhammad wa Aali Muhammad wa ajjil faraja Aali Muhammad

Salam Bib...
Ijin copas & share ya..

Afwan wa syukran..

Reza Putran Wara
Afwan Bib, mau nanya yg ini: "org cenderung memahami al-Qur'an bukan dg cara bgmn al-Qur'an sndri memperfahamkan". Bisa diberi satu contoh (sebuah pengalaman) Bib bgm cara al-Qur'an memerfahamkan itu?

Allahumma shalli ala Muhammad wa ali Muhammad wa ajjil farajal Mahdi.

Sukeina Huriyah
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja Al-Mahdi..

Syarifah Asma Binthahir
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa Aali Muhammad wa ajjil faraja Aali Muhammad

Aljabar Nubuwah
‎@Bunda... tlg minta ke Fi. afwan smw notes LOGIKA AL-QUR'AN dah bib hadiahkan kpdx. afwan afwan.

@Salman... wah banyak skali. Ambillah kata MASA. Dlm 2.236 dan 237, bentukx TAMASRUHUNNA. Dhamir HUNNA dsini memang wanita tp wanita dlm ketak...-tahuan kita. Wanita memang ada sisi yg kita tdk tau, ada yg memang kita tdk perlu tau. Penjelasan al-Qur'an ttg wanita menunjukkan bhw mrk adl misteri. Imam Ja'far as jelaskan perkara wanita yg wanita sndri br tau.

sifat yg disukai wanita adl aku tak tau tp aku ingn jujur kpdmu... aku tdk ingn memaksamu dg kehendakku pun pengetahuanku kpdmu.

skrg perhatikan 56.79, lå YAMASSUHÜ illå al-muthahharün. al-Qur'an ditunjuk dg dhamir HÜ, 'dia yg dikenal'. Sapa yg brani menunjuk al-Qur'an dg HU? Atau sapa yg brhak menunjuk al-Qur'an dg HÜ?

tp sapa jg yg dpt melarang? Ruhut pun dpt kutip ayat koq.

nah, di sini perlu kita sadari bhw yg dpt menunjuk al-Qur'an sbg HU hanyalah Aimmah as. Bg Aimmah as, wanita adl HU, bg kita, trmasuk bg wanita sndri, wanita adl HUNNA atau HÅ.

Putra Imran as brnama MUSA as. Mengapa brnama MUSA? Musa as sndri tdk tau mengapa brnama Musa. Aimmah as yg memberikan nama itu. Tp Aimmah as menjelaskan pun sesuai pengetahuan si penanya. Syiah dulu blm tentu lbh tau dr syiah skrg, makax Imam af dpt beri kita lbh banyak ilmu.

bgmn kita dpt mengetahui yg lbh banyak lg?

inilah yg Antm tanyakan, ya Salman...

dan faktorx adl HIDUPKAN AL-QUR'AN...

Al-Qur'an, katakanlah dlm trjemahan umum, ibarat AL-MASSI, org gila. Coba aja periksa. Isa as itu punya mu'jizat obati AL-MASSI. Makax namax jg 'ìSÅ atau AL-MASIH, mengobati dg HA, dan ha adl MUHAMMAM dan AHLUL BAYT saw.

hidupkan al-Qur'an sama dg hindupkan atau hadirkan al-Ma'shumin saw disisimu. dg cara bgni barulah membaca al-Qur'an adl membaca derita al-Ma'shumin saw hanya demi fahamkan dan hidupkan kita.

nah, kajia kita ada 2 tujuan.

1. Skedar utk contoh bgmn kita gali surat al-Baqarah sj. Ada rahasia besar yg dititipkan Imam Baqir as kpd kami dlm hidupkan Ja'fari dan Musawi. silahkan percaya silahkan tdk!

kita gali al-Qur'an via surat al-Baqarah. Al-Muthahharun dpt kita fahami dr sini jg--just wait!

2. Smbari itu, besarkan cinta kita kpd Aimmah as. Ntar cinta lah yg akan menuntun kita.

afwan...

Bunda Kamila
Allahumma shalli ala Zahra wa Abuha wa Ba'luha wa Banuha wa ajjil faraja Ibna Zahra...

Tak mampu berkata apa2... selain Syukran katsiran wahai Pecinta Zahra as...

Smoga cinta Hababahmu Zahra as sejukkan hatimu slalu... damaikan jiwamu...


Aljabar Nubuwah
love u...

lanjut...

Hamzah Tsani
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja Al-Mahdi..

Reza Putran Wara
Syukran Bib atas penjelasannya. Semoga Allah AwJ terangi hati kami dengan kecintaan kepada Aimmah as. agar hidup intim bersama al-Qur'an shg menghidupkan al-Qur'an. Allahumma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad wa 'ajjil faraja Al-Mahdi. *afwan baru menyimak krn baru OL.

Sattya Ali
Allahumma shalli ala Muhammad wa aali Muhammad wa ajjil farajal Mahdi.

1 komentar:

Pola Ruang Al Qur'an mengatakan...

Pola susunan Al Qur’an merupakan sebuah tanda yang perlu kita pikirkan karena tidaklah mungkin susunan Al Qur’an tersebut dibuat oleh manusia karena sejak zaman purba hingga saat Al Qur’an tersebut disusun, belum pernah ada satu kitab atau tulisan sekalipun yang memiliki pola seperti Al Qur’an pada perkembangan kebudayaan manusia dimanapun di muka bumi ini.
Pola susunan Al Qur’an ini pastilah merupakan pesanan dari Sang Pembuat Hukum, Allah, Tuhan Semesta Alam.
Al Qur’an memiliki pola susunan yang terputus – putus dan berulang – ulang merupakan sebuah tanda yang harus diperhatikan sebagaimana kita diwajibkan untuk memperhatikan Al Qur’an tersebut.
Pola susunan Al Qur’an ini merupakan sebuah rekaman pola gerak dalam ritual ibadah Thawaf, yaitu ibadah mengelilingi bangunan Ka’bah. Sebuah ritual berkeliling Ka’bah yang di mulai dari Hajar Aswad, Multazam, Pintu, Hijir Ismail , Rukun Irak, Rukun Yaman dan kembali ke titik mula perjalanan yaitu Hajar Aswad dan ini diulang sebanyak 7 kali sebagaimana Allah menyatakan bahwa Al qur’an merupakan 7 ayat yang diulang – ulang.
Pola gerak melingkar ini bila kita runtut dan kita ucapkan dengan kata – kata merupakan sebuah gerak yang terputus – putus karena bagian Ka’bah yang kita lewati dalam satu lingkaran Thawaf adalah bagian yang berbeda – beda dan gerakan inipun berulang – ulang sebanyak 7 kali.
Dalam melaksanakan ritual Thawaf tadi, kita menjadikan Ka’bah sebagai pusat gerakan kita. Dimana Ka’bah merupakan sebuah bangunan yang membentuk sebuah ruang di dalamnya yang dapat kita ambil maknanya.
Ka’bah merupakan arah qiblat kita , arah sujud kita yang mencerminkan kepatuhan, ketundukan yang dalam atas segala ketetapan / takdir Allah dan Ka’bah adalah sebuah ruang.
Silahkan baca artikel berjudul Manhaj Al Bait Al Atiq pada : www.polaruangalquran.blogspot.com